Aktor Kim Woo-bin dalam cuplikan film Alienoid. (Sumber gambar: Caper Film/CJ E&M)

Aktor Kim Woo-bin Bagikan Pengalaman Kembali ke Layar Lebar setelah Hiatus 6 Tahun

19 July 2022   |   15:43 WIB

Hampir 6 tahun tidak tampil di layar lebar sebagai dampak dari masalah kesehatannya pada 2017 lalu, kini aktor Kim Woo-bin kembali ke layar lebar melalui film Alienoid sebagai film pertamanya setelah sempat rehat akibat perawatan kanker nasofaring yang dideritanya.

Sebelumnya, Kim terkenal setelah membintangi drama Korea Our Blues dan terlibat dalam serial web Black Knight. Kini, aktor kelahiran 1989 itu bercerita tentang pengalamannya kembali ke layar lebar dengan keterlibatannya sebagai aktor dalam film beraliran fiksi ilmiah tersebut.

Baca juga: Jennie BLACKPINK Akan Debut Akting dalam Serial The Idol

Kim bercerita bahwa butuh sekitar 8 jam agar dia bisa memahami sinopsis film Alienoid. Pasalnya, dia mengaku bahwa dirinya jarang menyaksikan film sains fiksi dan belum bisa mendapatkan bayangan, hingga akhirnya tahu gambaran besar dari film itu.

Sutradara Choi Dong-hoon kemudian memintanya agar tokohnya tetap membaur di dalam cerita, di mana perannya sebagai Penjaga yang mengawal tahanan alien. Hal inilah yang membuat dirinya tetap bisa masuk ke dalam karakter berkat pemilihan pakaian yang tidak mencolok dan visual yang dipertahankan.

Saat pertama datang ke lokasi syuting dan bertemu dengan beberapa aktor yang seusianya, dia masih bisa mengingat adanya perasaan yang baru terhadap suasana di lokasi dengan jantung yang berdegup kencang sebelum tepukan pertama untuk slate film.

Perasaan ini berbeda dengan perasaan saat dirinya syuting drama Our Blues, mengingat film ini adalah karya perdananya setelah pulih dari kanker.
 

Cuplikan film Alienoid. (Sumber gambar: Caper Film/CJ E&M)

Cuplikan film Alienoid. (Sumber gambar: Caper Film/CJ E&M)

Cuplikan film Alienoid. (Sumber gambar: Caper Film/CJ E&M)

Cuplikan film Alienoid. (Sumber gambar: Caper Film/CJ E&M)


Tak hanya kesan pertama saat syuting, aktor yang terkenal dengan perannya dalam drama The Heirs dan Uncontrollably Fond itu juga mendapatkan kesan yang baik saat beradu akting bersama sejumlah aktor seusianya seperti Ryu Jun-yeol dan Kim Tae-ri yang tidak berbeda jauh darinya.

"Ketika saya bekerja dengan aktor senior, saya selalu merasa seperti saya harus melakukan sesuatu karena rasa hormat. Dengan aktor seusia saya, percakapan kami menjadi lebih santau dan kami berbicara lebih jujur tentang akting kami. Kami saling mengambil posisi penonton (audiens) satu sama lain," jelasnya kepada Cine21 sebagaimana dilansir Soompi pada Senin (18/7/2022).

Selama proses syuting, dia juga berbagi tentang gaya setiap aktor dalam persiapan membawakan dialog. Kala itu, Kim Woo-bin mengaku dirinya sempat merasa takut karena minimnya persiapan dan ekspektasi penonton yang tidak sesuai harapan dari kemampuan aktingnya. 

Namun, hal itu bisa teratasi saat dirinya berdiskusi secara mendalam dengan sutradara Choi. Dia menganggap sosoknya sebagai orang yang tidak berpaku pada apa yang ada di kepalanya dan tidak keras kepala serta mampu menyesuaikan adegan dengan alur situasi dan para aktornya.
 

Cuplikan proses syuting film Alienoid. (Sumber gambar: Caper Film/CJ E&M)

Cuplikan proses syuting film Alienoid. (Sumber gambar: Caper Film/CJ E&M)

Cuplikan proses syuting film Alienoid. (Sumber gambar: Caper Film/CJ E&M)

Cuplikan proses syuting film Alienoid. (Sumber gambar: Caper Film/CJ E&M)


Kemudian, dia menyadari bahwa hal itulah yang membuat film adalah sesuatu yang dikerjakan bersama-sama. Setelahnya, dia mulai bisa kembali menikmati masa-masa produksi di lokasi syuting kendati dirinya adalah orang yang cukup pemalu dan kadang memiliki berbagai hambatan.

Berbeda dengan perannya di Alienoid yang tidak mencolok, dia merasakan bahwa peran-peran sebelumnya yang cenderung mencolok membentuk tindakannya saat melakukan akting. Karena inilah, aktor yang lebih dulu berkarier sebagai model itu merasa bahwa dia perlu menunjukkan peran yang realistis sebelum dia hiatus.

"Setelah mengalami kejadian besar dalam kehidupan pribadi saya, cara pandang saya terhadap dunia berubah. Dulu saya hidup untuk masa depan dan hal yang saya lakukan selama ini bisa membantu saya di masa yang akan datang. Saya berolahraga untuk mendapatkan bentuk tubuh yang baik, sehingga itulah yang membuat kerja terasa seperti benar-benar nyata," tambahnya.
 


Hal ini kemudian berubah saat dirinya mengambil waktu istirahat dengan dirinya yang merasa lebih bersyukur atas hal yang kecil. Seiring dengan berjalannya waktu, dia mulai menyukai dirinya yang apa adanya daripada pergi ke masa depan.

Di saat yang sama pula, kekasih dari Shin Min-ah ini juga berbagi kisah tentang dirinya telah menemukan kesenangan dalam percakapan, makanan, dan olahraga.

Berbagai faktor ini kemudian membentuk aktingnya sampai masa kini dengan adanya rasa keberuntungan karena mengambil pekerjaan yang lebih besar dari kemampuannya dan tanggung jawab yang besar untuk tidak mengecewakan orang lain.

Hanya saja, hal ini berbeda karena syuting film Alienoid membuatnya belajar menaruh kepercayaan terhadap orang lain yang berada dalam satu tim, baik itu sutradara maupun sesama aktor.

Setelah Our Blues berakhir dan film Alienoid akan segera tayang, Kim Woo-bin mengatakan bahwa serial web Black Knight telah merampungkan proses syuting sekitar 3-4 pekan yang lalu. Rencananya, dia akan mengambil istirahat untuk sementara waktu.

Baca juga: Penuh Dendam & Darah, Intip Trailer Serial Animasi Tekken: Bloodline

Sekilas mengenai film Alienoid, film fiksi ilmiah ini bercerita tentang gerbang penghubung dua dunia, yaitu dunia akhir masa Dinasti Goryeo dan masyarakat modern pada 2022, yang terbuka secara tiba-tiba akibat kekacauan alien yang dikurung dalam tubuh manusia.

Masyarakat dari kedua dunia itu kini harus berusaha mengatasi invasi alien agar kekacauan yang mereka sebabkan tidak bertambah banyak.

Film Alienoid akan tayang perdana di Korea Selatan pada 20 Juli 2022 dan tayang di Indonesia beberapa waktu setelahnya pada bulan yang sama.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Samsung Luncurkan Taman Bermain Virtual di Roblox

BERIKUTNYA

Dari Hong Ye-ji sampai Jeon So-min, Ini Profil 6 Aktris Papan Atas di Film 2037

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: