Cuplikan film Ivanna (Sumber gambar: MD Pictures)

Tembus 1 Juta Penonton, Simak 6 Fakta Menarik Film Ivanna yang Penuh Teror

19 July 2022   |   20:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Film horor Indonesia tampaknya mulai menjadi tuan di negerinya sendiri. Dalam 5 hari penayangannya, film Ivanna telah mendatangkan lebih dari 1 juta penonton di bioskop dan diprediksi jumlahnya akan terus bertambah. Menawarkan sensasi horor mencekam, Ivanna bercerita tentang teror hantu tanpa kepala.

Kisah misteri yang menjadi bagian dari Danur Universe itu dibuat berdasarkan buku Ivanna van Dijk karya penulis Risa Saraswati yang diterbitkan pada 2018. Disutradarai oleh Kimo Stamboel, film Ivanna disebut-sebut menyajikan kengerian luar biasa dari hantu Ivanna.

Sosok hantu Belanda yang misterius itu meninggalkan banyak pertanyaan tentang latar belakang hidup Ivanna van Dijk semasa hidupnya. Supaya enggak penasaran, berikut adalah 6 fakta menarik film Ivanna yang telah dirangkum Hypeabis.id.
 

1. Sinopsis Ivanna

Kisah Ivanna berawal dari Ambar (Caitlin Halderman) dan keluarganya yang mendapatkan teror saat mereka merayakan lebaran di daerah Bandung. Ambar, perempuan muda cantik yang memiliki keterbatasan penglihatan (low vision), ternyata mampu melihat hal-hal yang justru tidak dapat dilihat orang lain.

Baca jugaGalak Namun Karismatik, Ini Kata Risa tentang Hantu Ivanna

Keluarga itu diteror sosok hantu bernama Ivanna (Elena Victoria Holovcsák), perempuan cantik asal Belanda berambut pirang. Hantu Ivanna sangat membenci orang-orang berparas Melayu, perempuan cantik, dan keluarga bahagia. Hal itu karena Ivanna merupakan korban ketidakadilan pada masa transisi antara kolonial Belanda dan Jepang. Kebaikan keluarga Ivanna terhadap masyarakat pribumi pada masa itu justru dikhianati hingga akhirnya tewas mengenaskan.
 

2. Spin off Danur

Ivanna merupakan spin off dari film Danur 2: Maddah yang dirilis pada 2018 lalu. Film ini juga menjadi bagian dari warabala Danur Universe, yang sebelumnya telah merilis beberapa film horor seperti Danur: I Can See Ghosts (2017), Danur 2: Maddah (2018), Danur 3: Sunyaruri (2019), Asih (2018), dan Asih 2 (2020). Semua film tersebut diangkat dari novel-novel horor karya Risa Saraswati.
 

3. Sosok Hantu Tanpa Kepala

Dalam film Ivanna, penonton akan disuguhkan teror hantu tanpa kepala. Ivanna memang diceritakan sebagai sosok hantu perempuan keturunan Belanda. Dalam film Ivanna, asal-usul dan dendam membara milik hantu bernama lengkap Ivanna Van Dijk tersebut akan terungkap.

Baca jugaJadi Hantu Penuh Teror, Simak Asal-usul Sosok Ivanna van Dijk
 


4. Pergantian Pemain dan Sutradara

Sosok hantu Ivanna sempat muncul di film Danur 2: Maddah yang diperankan oleh Elena Victoria Holovcsák. Namun di film Ivanna, Sonia Alyssa yang akan memerankan sosok hantu perempuan Belanda itu. 

Tak hanya pemain, sutradara film Ivanna juga bukan lagi Awi Suryadi yang sebelumnya mengarahkan film-film Danur. Awi Suryadi sempat menggarap spin off Danur Universe, Asih. Namun pada film Asih 2, posisi itu digantikan oleh sutradara Rizal Mantovani, sedangkan Ivanna disutradarai Kimo Stamboel.


5. Habiskan Biaya Fantastis

MD Pictures baru saja sukses dengan film KKN di Desa Penari yang meraih lebih dari 9 juta penonton. Kesuksesan yang sama diharapkan juga akan menyertai film Ivanna. Atas alasan itulah MD Pictures menggelontorkan dana hingga Rp12 miliar untuk menggarap film Ivanna dengan maksimal.


6. Film Terbaru Kimo Stamboel

Sebagai produser, penulis, serta sutradara, nama Kimo Stamboel tentunya tidak asing lagi di dunia perfilman. Beberapa film garapannya yang sukses di pasaran termasuk Rumah Dara (2010), The Night Comes for Us (2018), DreadOut (2019), dan Ratu Ilmu Hitam (2019). Kali ini, dia juga mendapatkan beragam respon positif dari penikmat film Indonesia, berkat kepiawaian dirinya dalam menggarap film Ivanna.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Film Terbaik Ben Affleck selain Justice League

BERIKUTNYA

Awas, Pekikan Suara Candil Bakal Jadi Horor di Bandung Creative Movement 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: