Ben Affleck dalam film The Way Back (kiri), Gone Girl (kanan atas), The Town. (Sumber gambar: Warner Bros. Pictures, 20th Century Fox)

5 Film Terbaik Ben Affleck selain Justice League

19 July 2022   |   20:14 WIB

Like
Aktor Ben Affleck baru-baru ini menjadi pusat perhatian setelah resmi menikah dengan penyanyi Jennifer Lopez pada Sabtu (16/7/2022). Tak hanya dikenal karena telah bertunangan sejak April 2022, aktor ini juga dikenal dengan peran ikoniknya sebagai Batman untuk film Justice League jagat sinema DC Extended Universe atau DCEU.

Sineas film kelahiran tahun 1972 itu telah berkarier selama lebih dari 40 tahun ini juga dikenal dengan keterlibatannya sebagai sutradara dalam beberapa film sejak 2006 serta menjadi salah satu pemilik dari rumah produksi Pearl Street Films bersama aktor Matt Damon.

Mulai dari film thriller kriminal sampai film drama olahraga, ini lima film terbaik dari Ben Affleck.
 

1. Argo (2012)


Disutradarai oleh dirinya sendiri dan melibatkan penulis Chris Terrio, film yang melibatkan Affleck, Bryan Cranston, Alan Arkin, dan John Goodman ini bercerita tentang puluhan warga Amerika Serikat di Kedutaan AS di Iran yang menjadi sandera kelompok militan. Mengetahui risiko para sandera yang bisa saja meninggal, pemerintah AS mengirimkan Tony Mendez (Affleck) untuk menolong mereka dengan berpura-pura sebagai produser Hollywood.

Diadaptasi dari buku berjudul sama milik agen CIA Tony Mendez pada 1999, memoir The Master in Disguise, dan artikel The Great Escape: How the CIA Used a Fake Sci-Fi Flick to Rescue Americans from Tehran milik Joshuah Bearman pada 2007, film ini mendapatkan respons baik dengan akting dari Arkin dan Goodman, arahan sutradara, naskah, hingga penyuntingan dan musik pendukung.
 

2. Good Will Hunting (1997)


Film yang ditulis olehnya bersama dengan Damon ini bercerita tentang Will Hunting yang memiliki IQ tingkat jenius, tapi bekerja sebagai tukang bersih-bersih di Michigan Institute of Technology. Saat mengerjakan soal matematika tingkat sulit, talentanya disadari oleh Profesor Gerald Lambeau dan akhirnya dilatih oleh dosen tersebut dengan maksimal. Tak hanya itu, dia juga mendapatkan pengampunan dengan menjalankan pengobatan psikologis dengan seorang terapis setelah ditahan akibat kekerasan.

Menghadirkan Damon, Robin Williams, Affleck, Minnie Driver, dan Stellan Skarsgard, film drama ini memiliki ulasan positif dengan penampilan yang berkesan dan emosional meski memiliki plot yang cukup bisa ditebak. Film ini juga menjadi catatan capaian Affleck sebagai penulis naskah melalui kemenangannya dalam kategori Best Original Screenplay dalam Academy Awards ke-70.
 

3. The Town (2010)


Berkonsep thriller kriminal, film yang berfokus pada sekelompok perampok bank dengan kostum biarawati yang mencoba merampok untuk terakhir kalinya di stadium bisbol Fenway Park. Para perampok ini bertindak dengan kejam dan tidak memiliki hubungan yang nyata, kecuali pemimpinnya Doug MacRay (Affleck) dan James (Jeremy Renner) yang memiliki hubungan teman. Namun, hal ini berubah saat James membawa sandera bernama Claire Keesey dan jatuh cinta seiring dengan pencarian informasi terbaru.

Tayang perdana dalam Venice Film Festival pada 2010, film yang diangkat dari kisah nyata kasus pencurian di Charlestown, Boston yang dianggap sebagai rumah bagi sekelompok pencuri bank pada era 1990an. Respons terhadap film ini cukup baik dengan ulasan baik pada pengarahan sutradara, naskah, penyuntingan, dan penampilan para aktor serta terpilih sebagai salah satu film terbaik pada 2010 dalam National Board of Review AS.
 

4. Gone Girl (2014)


Terkenal dengan kisah psikopat perempuan yang ikonik, film yang disutradarai oleh David Fincher ini mengikuti perjalanan mantan penulis buku bernama Nick Dunne (Affleck) yang menjadi tersangka utama atas kehilangan mendadak istrinya, Amy (Rosamund Pike), saat ulang tahun pernikahan kelima. Akibatnya, tekanan polisi dan media membuat citra Dunne menjadi buruk dan muncul pertanyaan tentang keduanya.

Tayang perdana sebagai pembuka dalam New York Film Festival ke-52 pada 2014, film ini mendapatkan kesuksesan secara komersial dengan pendapatan US$369 juta dari bujet US$61 juta dan menjadi salah satu cult classic bagi pecinta film. Bahkan, ulasan yang beredar dari film adaptasi novel berjudul sama milik Gillian Flynn itu menunjukkan pujian terhadap penampilan Pike, arahan, naskah, dan gaya visual yang khas.
 

5. The Way Back (2020)


Berbeda dengan beberapa film sebelumnya, The Way Back menjadi film beraliran drama terbaru yang dibintangi Affleck bersama dengan Al Madrigal, Michaela Watkins, dan Janina Gavankar. Kisahnya mengikuti seorang pekerja konstruksi pecandu alkohol yang direkrut unutk menjadi kepala pelatih tim basket SMA.

Semula direncanakan akan tayang di bioskop pada Maret 2020, film ini kemudian dialihkan ke ranah digital. Kendati demikian, film ini menerima respons baik pada penampilan Affleck dengan kesan yang apa adanya dan tidak berlebihan.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Cerita Menarik Deva Mahenra & Tatjana Saphira Bintangi Film Ghost Writer 2

BERIKUTNYA

Tembus 1 Juta Penonton, Simak 6 Fakta Menarik Film Ivanna yang Penuh Teror

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: