Suasana di Perpustakaan Jakarta TIM (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Review Perpustakaan Jakarta di Taman Ismail Marzuki, Tempat Baca yang Asyik & Berdesain Kekinian

19 July 2022   |   13:13 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Siang itu, cuaca yang terik seolah tak menyurutkan langkah orang-orang yang hendak pergi ke Perpustakaan Umum Jakarta di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat. Mereka tampak antusias untuk mengunjungi Perpustakaan Jakarta yang telah dibuka mulai 8 Juli 2022 tersebut.

Setelah direvitalisasi sejak 2019, Perpustakaan Jakarta kini hadir tak hanya sebagai tempat koleksi ribuan buku, melainkan menjadi ruang publik yang bisa dinikmati masyarakat, dari berbagai latar belakang usia dengan berbagai fasilitas yang menarik.

Bangunan perpustakaan itu kini memiliki lima lantai yang terletak di lantai 3-6 di Gedung Panjang Kawasan TIM. Fasilitasnya kian diperluas, mulai dari ruang baca terbuka, ruang privasi, bilik bermain anak, ruang membaca disabilitas, area multimedia, ruang podcast, ruang komunitas, dan area koleksi.

Baca juga: Melihat Wajah Baru Taman Ismail Marzuki, Berubah Hampir 100 Persen & Lebih Modern
 

G

Suasana di Perpustakaan Jakarta TIM (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Di Perpustakaan Jakarta itu telah tersimpan koleksi buku sebanyak lebih dari 150.000 eksemplar dan 4.395 koleksi di Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin. Buku-buku tersebut terdiri atas koleksi buku-buku umum, buku-buku anak, hingga koleksi tentang Jakarta yang relevan dan sesuai kebutuhan masyarakat.

Tak hanya dari segi fisik, layanan perpustakaan untuk para pengunjung pun diperbaiki agar kian mempermudah akses masyarakat, dan memberikan kesan yang lebih baik terhadap perpustakaan.

Kepada Hypeabis.id, Tifa (29), salah satu pengunjung mengatakan mengetahui informasi tentang Perpustakaan Jakarta melalui media sosial Instagram. Menurutnya, Perpustakaan Jakarta memiliki banyak koleksi buku anak, dan bisa menjadi tempat bermain yang edukatif bagi anak-anak.
 

Suasana di Perpustakaan Jakarta TIM (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)
 

 G

Suasana di Perpustakaan Jakarta TIM (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

"Bagus ya ini, kebetulan anak saya tuh suka buku dari kecil. Pas tahu ada Perpus Jakarta dan ada koleksi buku anaknya, jadi penasaran pengen kesini. Seru sih anaknya juga suka, terus ada tempat mainnya juga kan," katanya.

Menurut Tifa, koleksi buku anak di Perpustakaan Jakarta pun sudah lengkap yang dikategorikan berdasarkan umur anak. Meski begitu, dia menilai koleksi buku anak khususnya yang berbahasa Indonesia masih belum lengkap.

Dari segi tempat dan fasilitas, dia juga mengaku nyaman selama berkunjung di Perpustakaan Jakarta. Begitupun dengan para petugas perpustakaan yang menurutnya memberikan pelayanan yang baik kepada para pengunjung.

 "Cukup oke sih. Kalau zaman saya kecil dulu kan kayaknya petugas perpus tuh kayanya jutek-jutek dan serius. Kalau ini enggak sih cukup jelas dan mengarahkan dengan baik," imbuhnya.
 

Suasana di Perpustakaan Jakarta TIM (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)
 

G

Suasana di Perpustakaan Jakarta TIM (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Sedikit berbeda dengan Tifa, Putri (22), pengunjung lain justru datang ke Perpustakaan Jakarta karena ingin mencari spot estetik untuk keperluan konten di media sosial. Menurutnya, bangunan Perpustakaan Jakarta memiliki desain modern dan kekinian yang belum pernah dia lihat sebelumnya.

"Penasaran banget waktu lihat di Instagram. Ternyata perpusnya keren terus banyak fasilitas yang bisa dinikmati juga. Tempatnya juga nyaman," katanya.

Untuk sampai ke perpustakaan, kalian harus menuju ke lantai 3 Gedung Panjang TIM dengan naik lift atau tangga yang telah disediakan. Nantinya, kalian akan sampai di lobi utama perpustakaan dan diminta oleh petugas untuk melakukan registrasi.
 

Cara Reservasi Perpustakaan Jakarta

  1. Buka laman Jaklitera perpustakaan.jakarta.go.id.
  2. Klik fitur 'Akun' yang terletak di bagian di bawah dan daftarkan diri kalian dengan memasukkan data username/NIK/No Kitas, serta password. Namun, apabila sudah punya akun, maka langsung pilih 'Masuk'.
  3. Jika sudah bisa masuk portal, klik 'Jelajahi' dan isi buku tamu. Masukkan tanggal kunjungan yang diinginkan di bagian formulir, pilih Perpustakaan Jakarta Cikini, lalu ketikkan NIK kalian.
  4. Selanjutnya akan muncul QR code yang gunanya untuk check-in saat berkunjung nanti.

Baca juga: Dewan Kesenian Jakarta Tampilkan Arsip Ali Sadikin Hingga Maestro Seni Rupa di Taman Ismail Marzuki

Adapun, Perpustakaan Jakarta beroperasi setiap hari pada pukul 09.00-17.00 WIB. Namun, batas waktu reservasi untuk memasuki area perpustakaan adalah pukul 16.00 WIB. Setiap harinya, kuota kunjungan hanya dibatasi untuk 300 orang per sesi.

SEBELUMNYA

Platform Digital & Aplikasi Apa Saja yang Sudah Daftar ke PSE Kemenkominfo? Begini Rinciannya

BERIKUTNYA

Dosis Keempat Vaksin AstraZeneca 73 Persen Cegah Covid-19 Varian Omicron

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: