Aprilia SR-GT 200 dilengkapi mesin i-get generasi terbaru (Sumber gambar: PT Piaggio Indonesia)

Yuk Intip Spesifikasi Skuter Premium Aprilia SR-GT 200

18 July 2022   |   17:09 WIB

Kendaraan roda dua Aprilia SR-GT 200 akhirnya resmi masuk ke Indonesia setelah dipamerkan pertama kali di ajang EICMA 2021 di Milan, Italia, dan diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada putaran kedua MotoGP Mandalika 2022. Kini, Aprilia SR-GT 200 resmi mengaspal di Tanah Air, Sabtu, 16 Juli 2022.

Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia, mengatakan bahwa  kehadiran produk terbaru dari Aprilia itu bertujuan menggebrak pasar di dalam negeri. Dia mengklaim kendaraan ini memiliki desain yang menarik, menyenangka untuk dikendarai, dan memberikan pengalaman perjalanan yang seru bagi pengendaranya.

Berikut spesifikasi Aprilia SR-GT 200 yang diterima Hypeabis.id dalam rilis PT Piaggio Indonesia.


Kontrol

Kendaraan skuter yang diklaim sebagai kendaraan premium ini menggunakan setang lebar dengan desain terbuka yang didukung oleh suspensi untuk perjalanan panjang dan ground clearance yang disajikan untuk memastikan dapat mengatasi segala rintangan saat berkendara di jalann kota.

Baca jugaSiap-Siap, Jajaran Sepeda Motor Keren Bakal Mejeng di IMOS 2022

Tidak hanya itu, kendaraan ini juga menggunakan ban dengan penampang melintang yang luas dan desain tapak yang memungkinkan pengendara bertualang di berbagai permukaan jalan, dari aspal, bebatuan, hingga jalan tanah.

Semua itu dipadukan dengan desain sporty khas Aprilia, mesin i-get terbaru lengkap dengan sistem start & stop, serta kelengkapan berkendara yang mencakup lampu LED penuh, dan instrumentasi LCD.


Garis Desain

Aprilia SR-GT 200 terlihat langsing dan ramping dari samping dengan overhang yang dikurangi dan garis dinamis yang menekankan karakter sporty. Kendaraan ini juga memfungsikan kolom tengah untuk menghubngkan bagian depan dan belakang selain menampung tangki bensin.

Adapun jok yang akan diduduki oleh pengendara ketika mengendarai Aprilia SR-GT 200 sedikit ditarik mundur untuk memberikan kesan “active and ready” dibandingkan dengan skuter pada umumnya.

Di bagian depan Aprilia SR-GT 200 terdapat klaster 3 lampu full LED dan fairing ganda yang muncul di sisi pelindung. Tidak hanya itu, terdapat juga penambahan kaca penahan angin.


Pengembangan

Kendaraan roda dua ini juga disebut memiliki rangka dudukan ganda dalam tabung baja dengan kekuatan tinggi yang dipasangkan dengan suspensi jarak jauh baru yang dikembangkan khusus untuk Aprilia SR-GT 200.

Dengan sasis yang terpasang, Aprilia SR-GT 200 hanya memiliki bobot 148-kilogram saat tangki penuh. Tidak hanya itu, Aprilia SR-GT 200 juga memiliki pelek alloy ringan berukuran 14 inci di depan dan 13 inci di belakang dengan ban penampang lebar (110/ 80 dan 130/70).

Sistem pengereman yang dipasang di Aprilia SR-GT 200 menggunakan cakram depan petal 260 mm, sementara di bagian belakang menggunakan cakram 220 mm berbentuk kelopak untuk versi sporty. Adapun ground clearance kendaraan mencapai minimal 175 mm, dan merupakan ground clearance yang belum pernah sebelumnya untuk segmen skuter premium.

Ground clearance ini memungkinkan pengendara Aprilia SR-GT 200 dengan mudah mengatasi setiap gundukan di jalan dan turunan apapun.


Mesin i-get Generasi Terbaru

Aprilia SR-GT 200 memiliki dapur pacu mesin i-get generasi terbaru. Berada dalam keluarga besar mesin i-get, dengan injeksi elektronik, 4 katup dan pendingin cair, mesin ini diklaim sebagai produk terdepat dari pusat litbang Piaggio Group untuk mesin skuter.

Dengan silinder tunggal 174cc i-get, kendaraan ini memiliki tenaga 13 kW pada 8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7000 rpm. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan sistem start & stop yang dikenal dengan regulator inverter start & stop system (RISSS).

Sistem itu menghilangkan starter tradisional, dan diganti dengan perangkat listrik tanpa sikat yang dipasang langsung di poros engkol.

Sistem baru ini juga akan secara otomatis mematikan mesin 1 sampai 5 detik setelah skuter berhenti yang tergantung pada apakah mesin telah mencapai suhu operasi yang benar atau tidak. Untuk menghidupkan kembali mesin Aprilia SR-GT 200, pengendara cukup memutar sedikit throttle.


Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Hey! Kafe Tawarkan Sistem Kemitraan Autopilot. Segini Investasi Awal dan Keuntungannya

BERIKUTNYA

Seventeen Rilis Album Repackage Sector 17 dan Video Klip _World

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: