jerawat di punggung (sumber gambar: Matt Moloney/unsplash)

Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

17 July 2022   |   21:59 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Punya jerawat di wajah itu memang menyebalkan ya Genhype, begitu juga ketika kita punya jerawat di punggung, rasanya sangat ngga nyaman dan malah bisa merepotkan. Nah, jerawat ini bisa muncul karena area tersebut memiliki kelenjer minyak dan terdapat folikel rambut.

Pada saat folikel atau pori-pori tempat rambut tumbuh itu tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak maka menyebabkan munculnya bakteri. Akibatnya pori akan meradangan atau membengkak sehingga muncullah jerawat.

Biasanya, jerawat di area punggung ini bentuknya lebih besar dan relatif lebih merah meradang karena pori-pori di punggung memang lebih besar dibandingkan di wajah.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya jerawat di punggung mulai dari hormon, faktor genetik, pakaian yang ketat, biang keringat, dan lain sebagainya.

Lantas, jika jerawat di punggung ini sudah cukup banyak dan mengganggu, apa yang harus dilakukan untuk menghilangkannya.

Kali ini Hypeabis.id telah merangkum berbagai cara menghilangkan jerawat batu yang ada di punggung kalian, seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Mandi Seusai Berolahraga dan Berkeringat.

Keringat menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di punggung. Karena itulah, usai melakukan kegiatan yang menyebabkan jerawat seperti berolahraga atau berpanas-panasan di luar ruangan segera lepas pakaian dan mandi seingga keringat yang muncul tidak menyumbat pori-pori yang bisa mengundang bakteri penyebab jerawat di punggung.

Kalaupun tidak berolahraga atau berkeringat, kalian juga harus mandi setidaknya 2 kali dalam sehari untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada kulit. Saat mandi, kalian bisa menggunakan sabun antibakteri atau sabun yang mengandung yoghurt untuk membantu melembabkan kulit.
 

2. Lakukan Eksfoliasi

Kalian harus menjaga kebersihan tubuh secara maksimal. Selain mandi dengan sabun antibakteri, lakukan juga eksfoliasi secara rutin untuk mengangkat sel kulit mati yang ada di punggung sehingga tidak menumpuk.

Nah, cara yang bisa kalian lakukan adalah dengan melakukan lulur atau scrub. Kalian bisa melakukan langkah ini setidaknya dua kali dalam seminggu. Bila punggung sudah muncul jerawat proses eksfoliasi harus dilakukan secara lembut tetapi jika kondisi jerawat sudah parah, sebaiknya tidak melakukan eksfoliasi dan tunggu hingga kondisi peradangan jerawat mulai membaik.
 

3. Kenaikan Pakaian yang Nyaman.

Untuk menyerap keringat yang berlebih, kalian perlu menggunakan pakaian yang nyaman. Jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat sebab hal itu justru dapat menjebak kotoran dan keringat sehingga berisiko masuk ke dalam pori-pori. Hindari juga pakaian dari bahan sintetis seperti poliester karena tidak dapat menyerap keringat dengan baik.

Pilihlah pakaian yang longgar agar kulit bisa bernapas dan pilih bahan yang nyaman salah satunya dari katun yang bisa menyerap keringat. Pakaian juga harus bersih, jika sudah terkena keringat maka sebaiknya segera diganti untuk mencegah datangnya bakteri. Pilih juga deterjen pencuci yang aman bagi kulit sensitif.
 

4. Kompres Air Hangat.

Untuk kalian yang di punggungnya sudah timbul jerawat yang meradang, bisa melakukan cara dengan mengompres bagian punggung yang berjerawat dengan air hangat sehingga dapat membuka pori-pori dan mengempeskan jerawat.

Saat pori-pori mulai terbuka, biasanya muncul nanah ke permukaan kulit dan jerawat akan pecah dengan sendirinya. Proses mengompres bisa dilakukan dengan menggunakan kapas, kain atau handuk yang diletakkan di punggung selama 15-20 menit.
 

5. Gunakan Bahan Alami

Kalian bisa menggunakan berbagai bahan alami untuk mengatasi jerawat batu yang membandel di punggung. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan adalah minyak pohon teh atau tea tree oil.

Selain itu, Genhype juga bisa menggunakan lidah buaya dan ekstrak teh hijau. Oleskan bahan tersebut di area punggung yang berjerawat. Kandungan antiseptik dan antiradang yang dimiliki oleh bahan-bahan tersebut dipercaya bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Bisa juga memakai krim pereda jerawat yang dijual bebas di pasaran.

Itu tadi, beberapa cara untuk meredakan dan menghilangkan jerawat batu yang membandel di area punggung kamu. Semoga bermanfaat ya Genhype.

Editor: Fajar Sidik 
 
SEBELUMNYA

Diadaptasi dari Novel Klasik 1817, Film Persuasion Dikemas Lebih Modern

BERIKUTNYA

Enggak Biasa, Isyana Sarasvati Tunggangi Reog Ponorogo saat Konser di Surabaya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: