Salah satu materi yang diajarkan saat MPLS adalah tentang Wawasan Wiyata Mandala (Sumber gambar: Ed Us/Unsplash)

Arti Wawasan Wiyata Mandala, Materi dari Rangkaian MPLS

13 July 2022   |   08:20 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Memasuki tahun ajaran baru, biasanya sekolah-sekolah mengadakan kegiatan masa orientasi siswa (MOS). Kegiatan yang sekarang disebut masa pengenalan lingkungan sekolah atau MPLS itu dilakukan pada hari pertama masuk sekolah, dan biasanya wajib diikuti oleh semua siswa baru.

Kegiatan tersebut berupa pengenalan lingkungan sekolah dan program-program, metode belajar, sarana dan prasarana, konsep pengenalan diri, serta pembinaan awal terhadap budaya sekolah.

Salah satu materi yang diajarkan saat MPLS adalah tentang Wawasan Wiyata Mandala. Lantas, apa sebenarnya materi itu?

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan MPLS dan MOS

Melansir dari situs SMA Negeri 1 Purwanegara, Wawasan Wiyata Mandala terdiri dari tiga kata yakni 'wawasan' yang berarti suatu pandangan atau sikap yang mendalam terhadap suatu hakikat, 'wiyata' memiliki arti pendidikan, serta 'mandala' yakni tempat atau lingkungan.

Dari pengertian tersebut, Wawasan Wiyata Mandala didefinisikan sebagai sikap menghargai dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekolah sebagai tempat menuntut ilmu pengetahuan atau cara memandang sekolah sebagai lingkungan pendidikan dan pembelajaran.

Sekolah sebagai pengemban utama misi pendidikan hendaknya hanya digunakan untuk tujuan pendidikan. Oleh karena itu, setiap pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan berkewajiban untuk menciptakan sekolah sebagai wawasan wiyata mandala.
 

Ilustrasi siswa (Sumber gambar: Ed Us/Unsplash)

Ilustrasi siswa (Sumber gambar: Ed Us/Unsplash)


Tujuan Wawasan Wiyata Mandala

Dengan adanya pemahaman Wawasan Wiyata Mandala, para siswa diharapkan dapat berperan aktif dalam meningkatkan fungsi sekolah sebagai lingkungan pendidikan.

Dalam hal ini, aktivitas dan kreativitas siswa diperlukan untuk menciptakan sekolah sebagai masyarakat belajar, tempat saling asah, saling asih, dan saling asuh yang dibimbing oleh kepala sekolah dan guru yang dapat mendorong semangat dan minat belajar. Hal yang penting bagi siswa adalah dapat mendudukkan dan menempatkan diri sesuai dengan fungsinya sebagai warga wiyata (pendidikan).

Baca juga: Bikin Tim Makin Kompak, Nih 5 Yel Yel Seru yang Cocok Buat MPLS


Unsur-unsur Wawasan Wiyata Mandala

Adapun unsur-unsur dari Wawasan Wiyata Mandala adalah sebagai berikut:
  1. Sekolah merupakan wiyata mandala (lingkungan pendidikan),
  2. Wewenang dan tanggung jawab penuh ada di kepala sekolah,
  3. Kerja sama antara guru dan orang tua murid,
  4. Guru, di dalam maupun di luar sekolah harus mampu menjunjung tinggi martabat dan citra guru,
  5. Sekolah sebagai tempat untuk wiyata mandala harus bertumpu pada masyarakat sekitarnya.


Makna dari Wawasan Wiyata Mandala

Makna yang terkandung dalam proses pendidikan Wiyata Mandala yakni:
  1. Sekolah nenjadi tempat proses belajar mengajar nilai-nilai ilmu pengetahuan, keterampilan dan wawasan dalam rangka mencapai manusia yang cerdas, siap kerja, menguasai ilmu dan teknologi, namun tetap berakar pada nilai-nilai budaya bangsa.
  2. Sekolah membina dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, pandangan hidup/kepribadian, hubungan antara manusia dengan lingkungan atau manusia dengan Tuhannya, dan kemampuan berkarya.
  3. Sekolah sebagai tempat masyarakat belajar, dimana terjadi proses interaksi antara siswa, guru dan lingkungan sekolah, serta hubungan timbal balik antara sekolah dengan masyarakat dimana sekolah itu berada.
  4. Sekolah menjadi tempat proses pembudayaan kehidupan hanya dapat berfungsi dengan sebaik-baiknya apabila di lingkungan sekolah tersebut dapat diciptakan suasana aman, nyaman, tertib dari segala ancaman.
Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Efektif Mengekspresikan Emosi, Yuk Kepoin Makna 8 Ikon Emoji Unik Ini

BERIKUTNYA

Kenali Penyebab Tantrum pada Anak & Cara Menghadapinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: