Emoji telah menjadi bagian penting dalam percakapan para pengguna perangkat elektronik dan internet (Sumber gambar: Unsplash/Denis Cherkashin)

Ragam Emoji Paling Banyak Digunakan di Dunia, Indonesia Paling Sering Pakai Karakter Ini

15 May 2022   |   21:31 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Emoji atau emoticon telah menjadi bahasa universal baru yang digunakan oleh para pengguna perangkat seluler dan internet di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi. Emoji melengkapi pesan teks yang dikirimkan menjadi lebih ekspresif. 

Menariknya, seperti bahasa yang tersebar luas dan memiliki penggunaan tersendiri di berbagai wilayah, emoji yang dipakai oleh pengguna di antara negara-negara yang ada juga memiliki karakteristik dan pemakaian yang beragam. 

Perusahaan peneliti Crossword Solver baru-baru ini melakukan sebuah penelitian menarik, yang mempelajari lebih lanjut bentuk komunikasi yang berkembang pesat bukan hanya menggunakan kata-kata melainkan juga emoji. 

Mereka menganalisis tweet yang diberi geotag dari setiap negara untuk melihat emoji mana yang paling banyak digunakan di satu tempat dan tempat lainnya. Berikut ini adalah beberapa temuan utamanya : 
 

1. Dua emoji paling banyak digunakan

Dua emoji teratas yang paling banyak digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi adalah emoji air mata kegembiraan dan hati berwarna merah. 

Baca juga: Twitter Uji Coba Fitur Emoji Reactions, Mirip dengan Facebook
 

2.  Karakter wajah

Karakter wajah dengan air mata kegembiraan adalah emoji paling umum yang digunakan di 75 negara dunia. 
 

3. Konteks emoji di beberapa negara

Emoji bukanlah bahasa yang sepenuhnya universal dalam artian memiliki arti sama di berbagai negara. Satu emoji tertentu punya konteks yang berbeda di antara dua atau lebih negara. 
 

(Sumber gambar: Crossword Solver)

(Sumber gambar: Crossword Solver)


Selain itu, Crossword Solver juga memberikan beberapa highlight mengenai emoji di sejumlah wilayah di seluruh dunia. Begini perinciannya : 
 

Amerika Utara 

Wajah dengan air mata kebahagiaan adalah emoji pilihan yang ada di kawasan Amerika ini. Emoji tersebut digunakan untuk mengekspresikan tawa yang tidak terkendali dan umum juga dipakai untuk mencela diri sendiri. 
 

Amerika Selatan 

Emoji yang paling banyak digunakan oleh warga wilayah ini adalah hati merah. Kendati ada berbagai warna pada emoji hati, warna merah dinilai memiliki dasar yang lebih kuat dan menunjukkan rasa kasih sayang yang tulus. 
 

Eropa 

Penelitian ini dilakukan pada awal tahun, sehingga salah satu emoji yang paling banyak digunakan di Eropa ketika itu adalah bendera Ukraina - dalam konten invasi Rusia ke negara tersebut. Selain itu, dua emoji paling banyak di dunia juga tercermin pada wilayah Benua Biru itu. 
 

Timur Tengah & Asia Tengah 

Wilayah ini juga secara umum menggunakan wajah air mata kebahagiaan dan hati merah sebagai emoji umumnya. Akan tetapi, Arab  Saudi punya cara yang unik karena menjadi satu-satunya negara di dunia yang menggunakan emoji hati berwarna putih, yang dianggap sebagai hati suci. 
 

Asia & Oseania 

Wilayah ini punya ragam emoji yang dipakai tiap negaranya. Indonesia merupakan salah satu dari sedikit negara yang menggunakan emoji air mata kegembiraan dengan kepala miring - yang berbeda dengan emoji paling populer di dunia. Jepang juga punya emoji unik tersendiri yang bersifat sangat lokal dibandingkan banyak negara lain.
 

Afrika 

Masyarakat di negara-negara Afrika sebagian besar menggunakan emoji air mata kebahagiaan, dengan 37 dari 50 negara yang tercatat. Sementara itu peringkat kedua ditempati oleh hati merah yang melambangkan cinta dan cukup banyak dipakai untuk mendukung tim sepak bola masing-masing negara. 
 

(Sumber gambar: Crossword Solver)

(Sumber gambar: Crossword Solver)
 

Baca juga: Apple Rilis Emoji Pria Hamil di Update iOS Beta, Begini Penjelasannya

Editor : 

SEBELUMNYA

Ini Alasan Kenapa Kecerdasan Buatan Bisa Digunakan untuk Pengembangan Bisnis

BERIKUTNYA

Drake dan Olivia Rodrigo Borong Penghargaan di Billboard Music Awards 2022, Simak Juga Daftar Lengkap Pemenang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: