Halodoc dan TikTok akan menghadirkan berbagai konten edukatif seputar kesehatan. (Sumber gambar ilustrasi: Pexels/Tima Miroshnichenko)

Halodoc & TikTok Kerja Sama Sajikan Informasi Kesehatan untuk Atasi Hoaks

12 July 2022   |   16:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Hoaks atau informasi bohong adalah informasi yang sangat membahayakan, terlebih jika berkaitan dengan kesehatan. Halodoc bekerja sama dengan TikTok menghadirkan edukasi kesehatan untuk masyarakat, selain untuk memberikan informasi akurat juga untuk meminimalisir penyebaran informasi keliru.

Dalam keterangan yang diterima oleh Hypeabis.id, survey topik isu hoaks pada 2021 dari Katadata Insight Center menunjukkan bahwa isu hoaks kesehatan menempati urutan kedua dengan jumlah 39,7 persen, mengalahkan isu hoaks terkait agama.

Melalui kerja sama ini Halodoc dan TikTok akan menghadirkan berbagai konten edukatif seputar kesehatan mulai dari informasi berbagai penyakit, vaksinasi, kesehatan ibu dan anak, kesehatan mental, mitos dan fakta seputar kesehatan, sampai edukasi kesehatan reproduksi.

Baca juga: Ini Tiga Langkah Untuk Terhindari dari Hoaks & Misinformasi

Chief Marketing Officer Halodoc Felicia Kawilarang mengatakan bahwa literasi kesehatan masih menjadi tantangan di industri kesehatan yang perlu diatasi dengan berbagai kolaborasi berbagai pihak selain akses layanan kesehatan yang merata.

“Kami yakin kolaborasi ini akan sangat bermanfaat untuk memberikan komunikasi, informasi, dan edukasi [KIE] tepercaya, agar masyarakat senantiasa sehat. Pun kami percaya bahwa di era digital saat ini, platform digital memiliki kekuatan untuk mempercepat edukasi kesehatan bagi masyarakat,” katanya.

Dia optimistis bahwa konten edukasi yang dikemas dengan menarik akan sangat bermanfaat bagi banyak masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

Konten edukasi itu akan diunggah oleh para dokter yang tergabung dalam ekosistem Halodoc ke platform TikTok dalam bentuk video pendek berdurasi dari 15 sampai dengan 60 detik.

Pengguna dapat berinteraksi dan menanyakan berbagai pertanyaan seputar kesehatannya secara langsung kepada para dokter dengan memberikan komentar yang nantinya akan dijawab oleh dokter melalui video berikut.

Guna meningkatkan partisipasi lebih banyak masyarakat, paparnya, Halodoc dan TikTok akan memberikan hadiah berupa uang tunai untuk 20 orang pengguna yang memiliki komentar dengan likes paling banyak di konten edukasi dengan masing-masing senilai Rp500.000.

Adapun, pemenang akan diumumkan pada 29 Juli 2022 melalui push notifications di akun TikTok pemenang.

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Seluruh Anggota TWICE Perpanjang Kontrak dengan JYP Entertainment

BERIKUTNYA

8 Cara Diet bagi Penderita Hipertensi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: