Ilustrasi siswa (Sumber gambar: Laman resmi SMA Negeri 10 Padang)

6 Rekomendasi Game Ice Breaking, dijamin Bikin MPLS Jadi Menyenangkan!

12 July 2022   |   08:31 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Masa orientasi siswa atau MOS boleh dibilang merupakan kegiatan yang menyenangkan saat menjadi siswa baru di sekolah. Kegiatan yang sekarang disebut masa pengenalan lingkungan sekolah atau MPLS itu dilakukan pada hari pertama masuk sekolah, dan biasanya wajib diikuti oleh semua siswa baru.

Kegiatan tersebut berupa pengenalan lingkungan sekolah dan program-program, metode belajar, sarana dan prasarana, konsep pengenalan diri, serta pembinaan awal terhadap budaya sekolah.

Baca juga: Siswa Baru Enggak Usah Bingung, Nih 35 Jawaban Teka-teki Makanan & Minuman MPLS

Di dalam sederet kegiatan MPLS yang telah disiapkan, biasanya panitia akan menyelipkan beberapa game atau permainan dengan berbagai tujuan mulai dari menguji kekompakan antar siswa hingga ice breaking untuk mencairkan suasana. Berikut ini adalah 6 permainan yang cocok dilakukan saat ice breaking dalam kegiatan MPLS agar suasana tidak membosankan.


1. Siapa Kamu

Permainan ice breaking satu ini cocok untuk kegiatan MPLS karena bertujuan agar setiap siswa baru bisa saling mengenal. Caranya adalah peserta diminta baris melingkar dengan posisi duduk, kemudian tunjuk satu anak untuk memperkenalkan namanya dan satu sifatnya.

Lalu, minta anak di sebelah kanannya untuk menyebutkan kembali nama dan sifat anak sebelumnya, sebelum dia menyebutkan nama dan sifatnya sendiri. Begitu seterusnya hingga semua anak mendapatkan giliran. Jika ada yang lupa, maka mintalah anak itu untuk bertanya langsung pada temannya tersebut mengenai nama dan sifatnya.
 

2. 3,6,9 Dor

Permainan ini bisa mengasah konsentrasi para siswa dan tidak memerlukan alat. Dalam permainan ini, siswa membentuk lingkaran dan mulai menghitung dari 1 - 100. Siswa yang mendapat nomor 3 atau kelipatan 3 maka dia harus berteriak "Dor".

Susunan angka akan terlihat seperti '1, 2, dor, 4, 5, dor, 7, 8, dor, dst". Jika terdapat siswa yang menyebut angka 3 atau yang angka yang merupakan kelipatan 3, maka dia akan kalah dan tereliminasi dari permainan.
 

Ilustrasi siswa (Sumber gambar: Mufid Majnun/Unsplash)

Ilustrasi siswa (Sumber gambar: Mufid Majnun/Unsplash)


3. Putar Barang

Cara kerja permainan ini adalah dengan membuat sebuah lingkaran, lalu sediakan alat untuk dijadikan bahan perputaran. Lalu, cari sebuah lagu lucu untuk dinyanyikan secara bersamaan.

Pada saat mulai bernyanyi, benda akan diberikan kepada teman sebelahnya atau dioper terus menerus sampai lagu selesai. Jika lagu selesai dan benda di pegang tepat oleh seseorang, maka peserta lainnya boleh bertanya apapun yang harus dijawab oleh penerima benda tersebut.
1
2


SEBELUMNYA

Asupan Nutrisi Penting sebelum Maraton, Begini Kiat-kiatnya dari Ahli Gizi!

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Bapak Koperasi Indonesia Mohammad Hatta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: