Suasana salat di Masjid Istiqlal. (Sumber gambar : Humas Istiqlal)

Perhatikan 6 Hal Ini Bagi Kalian yang Akan Salat Iduladha di Masjid Istiqlal

09 July 2022   |   21:59 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara, Istiqlal menjadi salah satu tujuan umat Muslim terutama di Indonesia untuk beribadah. Bukan hanya mereka yang tinggal di Jakarta, tetapi juga wilayah di sekitarnya. Tidak terkecuali untuk merayakan momen Hari Raya Iduladha yang berlangsung Minggu (10/7/2022).  

Masjid Istiqlal menjadi tempat untuk pelaksanaan salat Iduladha 1443 Hijriah tingkat kenegaraan yang rencananya pada tahun ini akan dihadiri oleh Presiden Joko Widod, Wakil Presiden Kiai Ma’ruf Amin, dan para petinggi negara. Selain itu turut hadir duta besar negara-negara sahabat.

Salat yang rencananya dimulai pukul 07.00 WIB ini dapat diikuti masyarakat Ibukota dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. "Pelaksanaan shalat Idul Adha tahun ini bisa diikuti oleh jamaah secara umum dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku," ungkap Imam Besar Masjid Istiqlal Kiai Nasaruddin Umar dikutip dari laman resmi Istiqlal, Sabtu (9/7/2022).

Baca Juga : Cek Informasi Salat Iduladha di Jakarta International Stadium (JIS) 

Namun demikian, ada sejumlah ketentuan yang perlu ditaati ketika Genhype ingin melaksanakan salat Iduladha di Masjid Istiqlal. Berikut rincian hal-hal yang perlu diperhatikan, yang dirangkum Hypeabis.id.
 
 

Datang Lebih Pagi

Nasaruddin mengimbau masyarakat yang melangsungkan ibadah salat Iduladha di Masjid Istiqlal untuk datang lebih pagi. "Apabila jamaah umum mau mengikuti shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal, bisa datang lebih pagi supaya mendapatkan shaf di dalam gedung masjid,” tuturnya. 


Jaga Protokol Kesehatan

Jemaah yang ingin melaksanakan salah Iduladha diminta untuk menjaga protokol kesehatan. Mulai dari wajib memakai masker, mengecek suhu tubuh, dan memastikan diri dalam keadaan sehat. Terlebih di tengah situasi pandemi yang mulai meningkat, hal tersebut perlu menjadi perhatian lebih. 


Memakai Pakaian Sopan & Menutup Aurat

Para pengunjung yang akan salat tentunya akan memakai setelan terbaiknya. Bagi kelompok laki-laki, dianjurkan untuk memakai pakaan yang sopan dan menutup aurat. Begitu pula perempuan yang wajib menggunakan penutup kepala seperti hijab atau selendang selama pelaksanaan salat Iduladha di wilayah Istiqlal.  


Membawa Alat Salat Pribadi

Diimbau bagi masyarakat yang berniat melakukan salat Iduladha di masjid Istiqlal untuk membawa perlatan pribadinya. Alat salat yang dimaksud antara lain alas salat, sejadah, dan mukena bagi jemaah perempuan. Kalau pun membawa alas seperti kertas koran, maka setelah dipakai harus dibawa kembali dan tidak meninggalkan bekasnya di wilayah masjid. 
 

Menjaga Barang Bawaan Pribadi

Jemaah dihimbau agar lebih waspada dan menjaga barang bawaan pribadi dari kerumunan. Tidak menutup kemungkinan ada saja tangan-tangan jahil di area masjid. Oleh sebab itu, memastikan keamanan sendiri dengan berbagai upaya sangat disarankan, mengingat situasi yang akan ramai didatangi oleh pengunjung. 
 

Menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan

Selama beribadah atau berada di area Masjid Istiqlal, jemaah wajib menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan untuk diri sendiri maupun pengunjung lainnya. Bagaimana pun salat Iduladha merupakan ibadah sakral yang perlu dijaga ketertibannya, mulai dari awal hingga selesai. 

Editor :  Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Serial Yang Hilang Dalam Cinta Bawakan Kisah Cinta dengan Fenomena Unik

BERIKUTNYA

Salat Iduladha di Masjid Istiqlal, Ini Pintu Gerbang dan Area Parkir yang Bisa Diakses Jemaah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: