Lampu karya Vico Magistrett, Eclisse (Sumber gambar: Musem of Modern Arts)

Berdesain Timeless, Cek Lampu Mungil dari Italia karya Desainer Vico Magistretti

04 July 2022   |   17:08 WIB

Berbentuk setengah bulat dengan ukurannya yang mungil, mampu menarik perhatian Eclisse Table Lamp siapa pun yang melihatnya. Ya, perabotan itu adalah lampu meja karya maestro desainer Italia Vico Magistretti (1920-2006). Magistretti adalah seorang desainer industri Italia, yang dikenal sebagai desainer furnitur maupun arsitek. 

Sejumlah karya pun pernah dihasilkan Magistretti semasa hidupnya antara lain Office Block in Corso Europa, Milan, Tower in Piazzale Aquileia, Milan, dan Cussano Milaninoo Town Hall, Milan, Italia. Hasil karyanya sempat dipamerkan dalam Vico Magistretti A Traveling Archive di Italian Cultural Insitute, Jakarta, pada 2016.
 
Baca juga:

Ketika merancang lampu tersebut Magistretti terinspirasi dari fenomena astronomi seperti gerhana, bentuk, dan karakteristik. Alhasil bentuk dan teknis lampu ini mencuplik fenomena alam tersebut dengan cara yang menarik. “Lampu ini juga terinspirasi dari Thief’s Lamp, sebuah lampu lentera yang biasa digunakan para penambang atau pencuri pada masa lalu,” ujarnya. 

Cosmas mengungkapkan lampu ini memiliki penutup bohlam yang dapat diputar untuk memudahkan penggunanya mengatur intensitas cahaya yang diinginkan. Umpamanya, bila digunakan sebagai lampu meja samping tempat tidur, pengguna dapat mengatur cahaya lampu sesuai keinginan masing-masing tanpa mengganggu kenyamanan satu dengan lainnya. 

“Ketika posisi [lampu] tertutup sumber cahaya benar-benar hanya meninggalkan siluet cahaya yang mengingatkan kita akan gerhana total atau eclipse,” ujarnya.

Cosmas menyebutkan meskipun karya ini dirancang pada 1966, tetapi tetap terlihat futuristik dan sesuai dengan kekinian. 

“Cara berpikirnya [Magistretti] avant garde [kreatif, unik, dan inovatif], membuat karyakaryanya tetap modern dan kekinian tak lekang oleh waktu,” jelasnya. 

Walau bentuknya unik, tetapi Cosmas menilai Eclisse Table Lamp bukan hanya berfungsi sebagai lampu hias saja. Kepala lampu yang dapat diputar-putar memungkinkan pengguna untuk mengatur intensitas cahaya yang diinginkan sehingga menjadikan lampu ini bisa difungsikan mulai dari bed side table lamp, lampu kerja, hingga lampu belajar. 

“Untuk penerapannya, lampu ini dapat diletakkan di rumah bergaya simpel, modern, dan kontemporer. Kemudian bisa diletakkan di area tempat tidur, ruang keluarga, maupun ruang kerja atau belajar,” tuturnya. 

Material lampu sendiri berasal dari perpaduan metal dan plastik sehingga memberikan kesan yang sederhana tetapi kontemporer. Dimensi lampu ini berukuran 17,8 x 11,4 cm, tampil dengan warna beragam seperti merah, silver, kuning, dan hitam. 
 

Tangkapan Layar Bisnis Indonesia Weekend.

Tangkapan Layar Bisnis Indonesia Weekend.


Dapat Disesuaikan

Soal warna dapat disesuaikan dengan desain interior ruangan maupun selera pengguna. Dengan demikian kehadiran lampu ini mampu untuk mempercantik suatu interior rumah maupun kantor. Cosmas mengaku sengaja memilih lampu ini dalam pameran tersebut karena karya Magistretti yang penting dan ikonik.

Alasan lainnya bentuk Eclisse Table Lamp memiliki visual sederhana tetapi penuh makna. “Di Indonesia sudah ada yang menjual lampu ini, tetapi masih banyak orang yang belum familiar dengan lampu ini ataupun karya-karya Magistretti lainnya,” ujarnya. 

Catatan redaksi: Tulisan ini pernah terbit di Bisnis Indonesia Weekend edisi 9 Oktober 2016. 

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Noice Sebut Pendengar Podcast Didominasi Milenial dan Generasi Z

BERIKUTNYA

ENHYPEN Cari Definisi Kesuksesan Lewat Album MANIFESTO: DAY 1

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: