Natto yang disajikan bersama sup tahu. (Sumber gambar : Instagram/Mitsuwa Marketplace)

Lagi Viral, Ini Manfaat Kesehatan Kuliner Jepang Natto

01 July 2022   |   14:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kaya probiotik membuat natto berkontribusi pada berkembangnya bakteri baik di usus. Bakteri ini mampu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya dan meningkatkan produksi antibodi alami tubuh.

Probiotik juga mengurangi risiko infeksi dan membuat kamu pulih dengan cepat ketika sakit. Selain kandungan probiotiknya yang tinggi, natto kaya akan vitamin C, zat besi, seng, selenium, dan tembaga yang berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh. 


4. Menyehatkan jantung

Serat dan probiotik dalam natto membantu menurunkan kadar kolesterol. Fermentasi yang terjadi pada natto pun menghasilkan nattokinase, sejenis enzim yang membantu melarutkan gumpalan darah. 

Para peneliti Jepang melaporkan bahwa natto membantu menurunkan tekanan darah dan menonaktifkan enzim pengubah angiotensin (ACE) yang mengontrol tekanan darah. Selain itu, vitamin K2 dalam natto membantu mencegah timbunan kalsium menumpuk di arteri. 


5. Potensi kesehatan lain

Natto yang kaya probiotik membantu mengurangi stres, meningkatkan daya ingat, mengurangi gejala kecemasan, depresi, autisme, dan gangguan obsesif-kompulsif (OCD).

Penelitian lain menyebut kandungan vitamin K2 dan isoflavon kedelai pada natto dikaitkan dengan penurunan risiko kanker hati, prostat, pencernaan, hingga payudara. Natto juga membantu menurunkan berat badan karena mengandung probiotik dan serat. 


Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Noice Gaet Deddy Corbuzier Hadirkan Kanal Podcast Deddy Issues

BERIKUTNYA

Catat! Ini 6 Film Indonesia yang Tayang di Bioskop Juli 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: