Simak beberapa langkah untuk membangun pondasi pemasaran digital (Sumber gambar: Unsplash/Campaign Creator)

Begini Langkah-Langkah Membangun Fondasi Pemasaran Digital yang Efektif 

30 June 2022   |   16:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Peningkatan pengguna internet di Indonesia menghadirkan potensi besar bagi pelaku usaha guna mempromosikan dan memasarkan produk mereka. Hadirnya media sosial dan platform digital lain, bisa jadi sarana untuk memaksimalkan peluang bisnis. 

Laporan dari Kepios, menujnukkan bahwa pengguna baru media sosial di Indonesia meningkat hingga 21 juta orang pada 2022. Selain itu, mereka juga menghabiskan hampir 9 jam setiap hari untuk mengakses internet, salah satunya adalah mencari barang belanjaan. 

Terkait dengan hal ini, Founder & CEO Sribu, Ryan Gondokusumo, mengatakan bahwa pandemi juga telah mengubah cara pandang pelaku usaha terhadap pemasaran digital. Menurutnya, sebelum pandemi banyak pelaku yang memandang hal ini dengan tidak serius. 

“Namun, situasi pandemi yang berlangsung cukup lama telah mengubah hal ini. Saat ini, pemasaran digital bukan lagi dilihat sebagai sekadar pilihan, tapi telah menjadi kewajiban,” katanya. 

Dia melanjutkan, untuk dapat berhasil dalam melaksanakan pemasaran digital ada banyak aspek yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa tips praktikal yang bisa diterapkan pelaku usaha untuk memaksimalkan platform digital : 


1. Spesifik menentukan profil calon konsumen 

Layaknya pemasaran secara konvensional, pelaku usaha perlu menetapkan calon profil konsumen, pembeli, atau pengguna layanan yang akan dituju untuk pemasaran produk. Hal ini penting dilakukan untuk secara dapat menawarkan produk atau layanan secara tepat. 


2. Menetapkan kanal pemasaran yang dipakai 

Setelah membuat profil calon konsumen, langkah berikut yang perlu dilakukan adalah memilih kanal (channel) pemasaran digital yang akan dipakai untuk menyasar mereka. Perlu diingat bahwa tiap kanal seperti situs web, media sosial, platform aplikasi akan memiliki pendekatan yang berbeda, yang perlu dipertimbangkan. 


3. Memetakan customer journey 

Hal penting lain yang perlu diperhatikan pelaku usaha adalah mengetahui pola kebiasaan hingga keputusan pembelian konsumen. Pada era digital seperti sekarang, sangat lazim bila calon pembeli memakai lebih dari satu kanal dalam perjalanan menuju keputusan untuk membeli. Setelah memetakan hal ini, pebisnis dapat menyesuaikannya dengan kampanye pemasaran digital yang dilakukan. 


4. Persiapkan konten yang menarik 

Terakhir, hal yang paling penting dalam setiap promosi adalah konten yang menarik. Salah satu aspek paling berpengaruh dalam kesuksesan upaya pemasaran digital adalah konten. Selain berdasarkan hal-hal di atas, pelajari apa yang tengah menjadi tren masyarakat dan coba implementasikan apabila cocok dengan pemasaran yang akan dijalankan. 


Editor : Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Lindungi Paru-Paru Kalian, Begini Cara Menjaganya

BERIKUTNYA

Peluang UMKM tembus Pasar Ekspor Makin Besar, Lakukan Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: