Beraktivitas di luar rumah bersama teman merupakan salah satu cara mencegah anak kecanduan gim (sumber gambar ilustrasi: pexels/Kampus Production)

Anak Sering Main Gim? Yuk Cegah Agar Tidak Kecanduan

30 June 2022   |   12:30 WIB

Bermain gim merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan bagi banyak orang karena dapat menghibur kala seseorang tengah mengalami kejenuhan. Namun, gim juga dapat memberikan dampak buruk – terutama pada anak-anak karena dapat menyebabkan kecanduan.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organizations/WHO) bahkan resmi menetapkan kecanduan gim atau game disorder sebagai penyakit gangguan mental.

Kecanduan gim dalam definisi WHO adalah sebagai pola perilaku bermain, baik permainan online maupun offline (gim digital atau video gim) dengan beberapa tanda. Pertama, tidak dapat mengendalikan keinginan bermain gim.

Kedua, lebih memprioritaskan bermain gim dibandingkan minat terhadap kegiatan atau aktivitas lainnya. Ketiga, seseorang terus bermain gim meski ada konsekuensi negatif yang jelas terlihat.

Kemudian, kecanduan gim bila pola perilaku tersebut sangat kuat dan berdampak baik terhadap pribadi, keluarga, sosial, pendidikan, pekerjaan, maupun area penting lainnya, dan terlihat jelas selama setidaknya 1 tahun.

Sejumlah kasus kecanduan gim telah terjadi di dalam negeri, dan berdampak negatif bagi penderita. Beberapa pecandu gim bahkan masih berusia anak-anak. Sebelum, anak-anak kita mengalami kecanduan gim, ada baiknya waspada.

Dilansir dari berbagai sumber, sejumlah langkah perlu dilakukan oleh orang tua agar anak tidak sampai kecanduan gim.


Dorong Anak Melakukan Aktivias Fisik 

Salah satu cara mencegah anak kecanduan gim adalah mendorong anak melakukan aktivitas fisik. Saat melakukan aktivitas fisik, seperti bermain petak umpat, kejar-kejaran, atau aktivitas lainnya, anak akan lupa dengan gim.

Tidak hanya itu, aktivitas fisik yang dilakukan oleh anak juga dapat membuat tubuh anak menjadi lebih sehat dibandingkan harus diam saja, dan bermain gim.
 

Aktivitas Bersama Keluarga

Aktivitas bersama keluarga seperti bermain ular tangga, tebak kata, atau permainan lainnya non gim juga menjadi salah satu cara dalam mengurangi anak bermain gim yang berpotensi membuat anak kecanduan.


Batasi Bermain

Anak bisa mengalami kecandua gim akibat bersentuhan dengan gim. Jadi, untuk mencegah anak kecanduan gim, batasi anak dalam bermain gim. Pembatasan itu tidak hanya pada tentang gim yang dimainkan, tapi juga waktu untuk bermain gim.
 

Hadiah & Hukuman

Sebagai bagian dari pembatasan anak bermain gim, orang tua juga bisa menjadikan gim sebagai hadiah jika mampu mengerjakan tantangan-tantangan yang dapat berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Saat anak mendapatkan hadiahnya berupa boleh bermain gim. Batasan dalam bermain gim juga tetap harus diterapkan oleh orang tua. Anak juga bisa mendapatkan larangan bermain gim jika tidak dapat menyelesaikan tantangan-tantangan yang dibuat oleh orang tua.
 

Berikan contoh & kunci gawai

Selain melakukan sejumlah langkah untuk anak, orang tua juga perlu memberikan contoh kepada anak dengan tidak bermain gim di depan anak. Selain itu, gawai yang biasanya juga menjadi sarana bermain gim perlu diberi kunci sehingga anak tidak dapat membuka atau meletakkannya di tempat-tempat yang sulit dijangkau anak.
 

Beri Pengertian

Tidak jarang anak protes dengan berbagai langkah yang dilakukan orang tua untuk mencegah agar anak tidak kecanduan gim. Pada tahap ini, berikan pengertian kepada anak mengenai tindakan-tindakan orang tua. Tidak hanya itu, beri tahu anak tentang bahaya bermain gim jika berlebihan.
 
SEBELUMNYA

Indonesia Jadi Destinasi Terbaru Tur Top of The World Band Metal Dream Theater

BERIKUTNYA

Bekali UKM Pengetahuan, TikTok Luncurkan Program Follow Me

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: