Konser online salah satu solusi untuk menyelamatkan industri musik. Ilustrasi (Photo by ActionVance on Unsplash)

Industri Musik Tanah Air Perlu Solusi Konkret Agar Cepat Pulih

17 June 2021   |   18:22 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Salah satu gangguan terbesar dari pandemi Covid-19 adalah hilangnya live music dan hiburan langsung. Untuk industri yang sangat bergantung pada penjualan tiket dan sponsor dari pertunjukan langsung, pembatasan pertemuan besar dan berkumpul di dalam ruangan merupakan pukulan berat bagi industri musik.

Beberapa pemilik venue dan artis berusaha menemukan celah atau mengatasi peraturan dengan menyelenggarakan acara dengan menerapkan jarak sosial, tetapi industri konser masih membutuhkan bantuan.

Di sinilah teknologi mengambil alih. Musisi dalam negeri, misalnya, sangat mengandalkan platform mulai dari YouTube Live, Zoom, Twitch, hingga Instagram selama pandemi.

Di Korea Selatan, agensi hiburan seperti SM Entertainment, JYP Entertainment, YG Entertainment, dan HYBE (dulu Big Hit Entertainment) mengadakan konser online untuk membuat para penggemar tetap mendapatkan konten dari idola kesayangan. Namun, itu saja tidak cukup.

Kita semua sepakat bahwa pandemi Covid-19 mengajarkan kita untuk secara cepat melakukan perubahan dan beradaptasi dengan normal baru. Disrupsi yang disebabkan oleh pandemi mengharuskan semua insan di dalam ekosistem musik untuk bekerja sama dalam mentransformasi lanskap musik di negeri ini. 

Country Manager Resso Indonesia Tricia Dizon mengatakan diperlukan pemahaman lebih besar akan platform teknologi baru yang menawarkan peluang dari sisi kreativitas maupun komersil. Situasi saat ini mengharuskan kita untuk mengeksplorasi cara-cara baru dalam menciptakan dan menampilkan acara musik.

Dalam diskusi daring Breakfast with Resso, mewakili Federasi Serikat Musisi Indonesia (FESMI) Febrian Nindyo Purbowiseso menyampaikan bahwa hingga saat ini sudah ada upaya yang dilakukan bersama Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI).

"Sejak Ramadan kami telah membentuk tim kecil yang berusaha menyusun proposal masukan terkait upaya dan mekanisme alternatif dalam pemberian stimulus untuk pemulihan ekonomi nasional di sektor industri event, konser, dan festival musik," ujarnya dalam kesempatan diskusi daring, Kamis (17/6).

Dia menuturkan tujuan utamanya untuk memicu hadirnya konser-konser musik yang aman, nyaman, dan menguntungkan, sehingga bisa bertahan dan berulang di kemudian hari. Ada snowball effect. 

Yang kedua, agar memberikan akses lebih luas kepada promotor penyelenggara dengan skala yg lebih variatif agar makin banyak elemen terlibat. Menurut Febrian saat ini kesiapannya masih dalam pematangan bersama dengan tim dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Pemerintah telah memfokuskan berbagai upaya untuk membangkitkan kembali industri musik secepat mungkin antara lain melalui pedoman penyelenggaraan acara publik sesuai dengan protokol Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan. 

Pedoman yang diterbitkan pemerintah sangat disambut baik oleh para pelaku industri musik dan masyarakat. 

Sudah ada beberapa wacana dan gagasan untuk melakukan pertunjukan musik secara luring yang dikombinasikan dengan amplifikasi daring dalam format hibrida yang memenuhi protokol kesehatan yang ketat. 

Sekarang tantangannya terletak pada bagaimana mewujudkan gagasan ini agar secara kreatif menarik dan secara komersial menguntungkan. Tidak mudah untuk mewujudkan hal ini mengingat cukup rumitnya tantangan teknis dan konten yang harus disiapkan dengan matang.

Pandemi yang juga mempercepat transisi dan kebiasaan mendengarkan musik di kalangan masyarakat menawarkan peluang besar bagi musisi dan pelaku industri untuk memanfaatkan platform digital.

"Sebagai aplikasi streaming musik, Resso Indonesia menawarkan fitur dan program yang dibangun berdasarkan kemitraan dan kolaborasi dengan semua pihak. Kami percaya, terlepas dari tantangan dan dampak yang ditimbulkan oleh pandemi, industri musik Indonesia mempunyai potensi dan talenta yang sangat besar untuk terus menciptakan dan menghasilkan karya musik yang hebat untuk para penggemar," ujar Christo Putra, Head of Music and Content, Resso Indonesia.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Coba Beberapa Tips Ini untuk Membuat Isi Kulkas Tetap Rapi & Bersih

BERIKUTNYA

Billie Eilish hingga Coldplay, Ini Lineup Penampil di Festival Musik iHeartRadio 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: