Ilustrasi membuat waktu berkualitas bersama keluarga. (Sumber gambar : Pexels/Augist de Rochelieu)

5 Ide Quality Time Bersama Keluarga

29 June 2022   |   21:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Hari Keluarga Nasional selayaknya menjadi momen yang tepat untuk mengingat kembali pentingnya waktu berkualitas bersama. Kegiatan ini dapat membuat ikatan emosional yang kuat antara ayah, ibu, anak, hingga nenek maupun kakek. 

Meluangkan waktu khusus yang berkualitas untuk keluarga atau quality time tidak melulu harus pergi berlibur atau berkegiatan di luar rumah lho. Kamu bisa meluangkan waktu bersama keluarga walau di rumah saja.

Berikut ini tips untuk menikmati quality time bersama keluarga di rumah. Masing-masing ada manfaatnya bagi anak:


1. Berkebun di rumah

Salah satu kegiatan seru yang dapat dilakukan di rumah adalah berkebun bersama. Berkebun menjadi cara yang baik untuk mengajarkan anak pentingnya merawat lingkungan  

Saat anak sedang bersama orang tua, mereka akan melihat hal apa saja yang dilakukan dan meniru orang tua. Di saat inilah orang tua bisa memberikan contoh agar bisa diikuti oleh anak-anak dan menjadi kebiasaan yang baik. 
 

2. Menonton film bersama

Kursi atau sofa di ruang keluarga jika ditata dengan baik dapat membuat momen menonton film favorit semakin berkualitas. Agar momen rebahan bersama keluarga menjadi semakin nyaman, kamu dapat menambah bantal kursi yang empuk dan lembut.

Untuk menambah suasana seperti berada di bioskop, tutup tirai jendela dan matikan lampu. Jangan lupa sediakan camilan, khususnya popcorn dan minumannya ya.
 

3. Main bersama

Orang tua bisa bermain boneka bersama anak. Kegiatan ini dapat membantu anak mempertajam imajinasi, meningkatkan kreativitas, dan menambah kosakata. Meluangkan waktu dengan anak juga berarti memberikan perhatian kepada mereka dan membuat anak merasa penting. 

Dengan adanya komunikasi yang baik pada saat bermain bersama, anak atau pun anggota keluarga lainnya akan lebih terbuka dan merasa lebih nyaman untuk mengkomunikasikan segala hal.
 

4. Siapkan makan malam 

Waktu berkualitas saat makan malam bersama dapat dimanfaatkan untuk berbagi cerita keseharian anggota, pengalaman baru, atau sekadar berkomunikasi sebagai langkah positif untuk membangun hubungan yang sehat. 

Momen ini dapat menjadi lebih hangat jika semua anggota keluarga bersama-sama menyiapkan makan malam. Bunda memasak, ayah maupun anak-anak bisa menyiapkan meja makan. Berbagi tugas bisa membuat kerjaan lebih ringan dan rasa lelah pun hilang.


5. Bercerita sebelum tidur

Sebelum tidur, orang tua dapat menceritakan sejarah keluarga dan masa kecil. Mungkin anak juga belum banyak mengenal anggota keluarga. 

Nah, di Hari Keluarga Nasional tahun ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk bunda atau ayah memperkenalkan silsilah keluarga kepada anak-anak. Kegiatan ini bertujuan agar seiring bertumbuh dewasa, anak tetap tahu dimana dirinya berasal.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Vivan VPS-P400, Powerbank dengan Kapasitas 72.000 mAh Hadir di Indonesia 

BERIKUTNYA

Soal Fatwa Legalisasi Ganja Medis, MUI Perlu Pertimbangkan Sejumlah Faktor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: