Peluncuran kampanye Serunya Belajar Ada di TikTok (Sumber gambar: tangkapan layar)

TikTok dan Cinta Laura Berkolaborasi Dorong Konten Edukatif 

29 June 2022   |   18:21 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Aplikasi video pendek TikTok berisikan banyak hal. Selain konten yang bersifat menghibur, ada banyak konten yang bersifat informatif atau edukatif dalam beberapa waktu terakhir. Perusahaan juga menunjukkan keseriusannya untuk menghadirkan lebih banyak konten edukasi. 

Education & Lifestyle Creators Partnership Lead TikTok Indonesia, Kevin Chandra, mengatakan bahwa konten edukasi merupakan salah satu kategori yang paling berkembang di platform, baik dalam hal jumlah konten maupun jumlah kreatornya. 

“Konten ini [edukasi] merupakan salah satu kategori yang pertumbuhannya sangat cepat. Masuk dalam lima kategori teratas paling populer dan diminati di Indonesia,” katanya dalam konferensi virtual. 

Baca Juga : Manfaatkan TikTok, Igor Saykoji Jaring Potensi Hiphop Daerah 

TikTok, lanjutnya, akan terus berkomitmen menghadirkan konten edukasi yang informatif tapi tetap menghibur di dalam platform. Hal ini salah satunya dilakukan melalui sebuah kampanye terbaru bertajuk “#Serunya Belajar Ada di TikTok”. 

Kampanye itu merupakan kelanjutan dari aktivitas edukasi yang telah dilakukan sebelumnya. Untuk program anyarnya tahun ini, TikTok menggandeng figure publik Cinta Laura Kiehl sebagai Campaign Ambassador. 

Cinta menyatakan bahwa penting bagi masyarakat untuk terus berproses dan belajar di tengah dunia yang semakin kompetitif. Untuk melakukan hal tersebut pada era dewasa ini, ada banyak akses dan platform yang bisa dimanfaatkan di luar lembaga formal. 

Baca Juga : Cantik dan Berprestasi, Cinta Laura Ditunjuk Sebagai Komisaris di Perusahaan EBT

TikTok, katanya, merupakan salah satu saluran tersebut. Menurutnya, platform ini menyediakan banyak konten mulai dari pengajaran dari pendidikan yang ada di sekolah sampai tentang berbagai hal yang terkait hobi dan aktivitas sehari-hari. 

“Di TikTok, orang yang kita lihat bikin konten adalah masyarakat umum, orang sehari-hari bukan hanya public figure. Ini menumbuhkan keyakinan bahwa kalau mereka bisa, kita juga harusnya bisa. Itu hal yang indah dari platform digital,” ujarnya. 


Rangkaian Acara 

Pada kampanye #Serunya Belajar ada di TikTok, perusahaan menggelar sejumlah aktivitas mulai dari kegiatan yang bersifat daring hingga acara langsung, yang bisa dikunjungi oleh para pengguna TikTok. 

Rangkaian acara ini telah berlangsung sejak 27 Juni hingga 10 Juli mendatang. Kegiatan luring yang diadakan TikTok Indonesia akan berlangsung di M Bloc Space, Jakarta. Berikut selengkapnya : 

1. Hashtag Challenge

Kampanye pertama yang dilakukan adalah hashtag challenge untuk seluruh pengguna TikTok. Perusahaan mengajak pengguna untuk membuat dan berbagi konten edukasi yang informatif selama periode berlangsung. 

Ada 12 kategori yang dikompetisikan yakni aplikasi dan perangkat lunak, sains dan eksperimen, fotografi, do it yourself, bisnis dan keuangan, life hack, kesehatan, pembelajaran sekolah, trivia, teknologi, motivasi, dan saran. Kompetisi ini menghadirkan hadiah total jutaan rupiah. 


2. TikTok Live 

Selama periode kampanye #Serunya Belajar ada di TikTok berlangsung, tepatnya mulai 29 Juni hingga 7 Juli, perusahaan juga akan menggelar kegiatan siaran langsung (live streaming) mengenai edukasi dari berbagai sektor. 

Siaran langsung ini akan diadakan setiap hari, dengan menghadirkan para ahli (expert) di bidangnya masing-masing untuk memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai topik tertentu, kepada seluruh pengguna platform. 


3. Exhibition & Networking Party 

Selain acara yang bersifat kampanye daring, TikTok juga menggelar kegiatan eksibisi bertajuk Creative Edu Exhibition yang diadakan di M Bloc Space, Jakarta. Kegiatan berlangsung pada 4 sampai 10 Juli 2022, dan bisa didatangi publik secara gratis. 

Di sana nantinya mereka bakal bisa mendapatkan banyak informasi seputar konten edukasi, melalui gelar wicara hingga pelatihan bersama dengan kreator konten. Bagi kalian yang berada di luar wilayah, jangan khawatir karena acara ini juga akan disiarkan di aplikasi TikTok. 

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mantan Pegawai Bank Ganti Profesi Hingga Sukses dengan Berjualan Madu

BERIKUTNYA

Cover Me Not Pamerkan Pesona Kain Tradisional Lurik dalam Koleksi Terbaru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: