Ilustrasi seseorang sedang membuat konten makanan (Sumber gambar: Mikael Blomkvist/Pexels)

Ingin Buat Konten Makanan? Pakai 4 Kiat Ini Langsung dari Ahlinya!

29 June 2022   |   07:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Media sosial boleh dibilang sudah menjadi bagian dari rutinitas sebagian besar orang. Tak hanya saling berkomunikasi, media sosial juga menjadi tempat berbagi konten yang mengedukasi dan menghibur, salah satunya konten kuliner. 

Konten kuliner biasanya berawal dari kegemaran seseorang untuk mengabadikan makanan yang hendak dinikmati baik dalam bentuk foto maupun video. Selain menarik untuk ditonton, konten-konten makanan yang ada pada berbagai media juga cukup informatif serta menggugah selera.

Baca juga: Tip Jadi Kreator Konten Banyak Penggemar Ala Jerome Polin

Content creator Magdalena Fridawati atau yang lebih dikenal Mgdalenaf, mengatakan memiliki ketertarikan dan gemar mengabadikan makanan yang dimakan bisa jadi awal mula untuk kalian menjadi kreator konten makan.

Setelah itu, barulah kalian bisa mulai mempelajari teknik-teknik untuk membuat hasil visual konten yang lebih menarik, agar objek makanan yang ditampilkan dapat menggugah selera. "Jangan lupa selain teknik dan skill, alat-alat fotografi atau videografi yang dipakai juga bisa membantu hasil konten kamu," kata Mgdalenaf.

Menciptakan kreasi konten makanan mungkin terlihat mudah. Berbekal gawai maupun kamera, siapapun bisa membuat konten. Namun, untuk membuat hasil konten makanan yang menarik, diperlukan teknik tertentu karena objek utama yang digunakan adalah objek tak bergerak.

Buat kalian yang tertarik membuat konten makanan yang menggugah selera, berikut adalah 4 kiat yang bisa dilakukan menurut Food Photographer Silva Sandiarini.
 

1. Siapkan peralatan yang tepat

Hal paling utama dalam membuat konten makanan adalah menyiapkan kamera untuk melakukan pengambilan gambar, baik foto maupun video. Kamera yang dapat digunakan pun beragam, salah satunya menggunakan kamera profesional dengan lensa yang tidak terlalu wide untuk hasil visual maksimal, seperti lensa 50mm, 85mm serta 105mm.

Baca juga: Tips Belajar di Luar Negeri dari Konten Kreator Xaviera Putri

Selain kamera profesional, kalian juga bisa menggunakan gawai yang dilengkapi dengan kamera memadai. Siapkan juga properti pendukung seperti triplek dan karton putih untuk digunakan sebagai latar belakang foto dan properti lain yang mempercantik, seperti daun kering atau variasi mangkuk atau piring. Untuk menciptakan hasil konten yang stabil, kamu dapat menggunakan bantuan tripod sebagai penopang kamera atau gawai yang digunakan.
 

Daria Klimova

Perlu kiat yang tepat untuk membuat konten makanan (Sumber gambar: Daria Klimova/Pexels)

2. Perhatikan teknik pencahayaan

Salah satu unsur paling penting dalam pengambilan gambar adalah pencahayaan. Dengan menggunakan teknik pencahayaan yang tepat, maka hasil visual yang diinginkan pun akan menjadi lebih baik.

Ada beberapa teknik penggunaan cahaya seperti Artificial Lighting dan Natural Lighting. Namun, yang paling mudah digunakan adalah Natural Lighting, karena teknik ini menggunakan cahaya alami seperti matahari untuk dapat mempercantik objek makanan.

Baca juga: 4 Istilah Ini Paling Sering Diucapkan Konten Kreator

Namun jika lokasi pengambilan gambar tidak mendapatkan cahaya matahari alami yang baik, Artificial Lighting atau cahaya tambahan juga dapat diterapkan. Posisi cahaya juga ikut mempengaruhi visual yang dihasilkan serta tone dan mood dari visual tersebut.

Untuk menciptakan nuansa visual dimana bayangan foto tidak menyeluruh, kalian bisa meletakkan pencahayaan dari samping objek atau side light. Teknik pencahayaan dari belakang objek atau rim light maupun cahaya dari ¾ objek atau oval light juga bisa digunakan dan disesuaikan dengan nuansa yang diinginkan.

Editor: Fajar Sidik 
1
2


SEBELUMNYA

Erasmus Huis Sajikan Pertunjukan Tari Tjampoer, Kolaborasi Seni Indonesia & Belanda

BERIKUTNYA

Gejala Tidak Biasa Cacar Monyet, Lesi Muncul di Area Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: