Daun semanggi yang tumbuh di pekarangan. (Sumber gambar: Pexels/Nithin Pa)

Dikenal Sebagai Simbol Keberuntungan, Simak 5 Manfaat Kesehatan Daun Semanggi

29 June 2022   |   06:00 WIB

Daun semanggi mungkin banyak ditemukan di pekarangan rumah dan tumbuh bersama rumput. Daun berhelai tiga hingga empat yang menjadi simbol keabadian dan keberuntungan ini ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan lho, Genhype. 

Tumbuhan sejenis paku air (salviniales) dari marga Marsilea ini mengandung kalori, karbohidrat, protein, lemak, vitamin C, zat besi, dan serat. Tidak hanya itu, daun semanggi juga kaya akan fitokimia terutama jenis isoflavon dan polisakarida. Keduanya merupakan senyawa tanaman anti inflamasi 

Berikut ini manfaat daun semanggi yang dirangkum Hypeabis.id.

Baca jugaBisa Tangkal Kanker, Cek 5 Manfaat Daun Perilla


1. Menurunkan kolesterol

Dalam studi terhadap 1.200 wanita pascamenopause dan perimenopause mengungkapkan suplemen dengan isoflavon semanggi merah dapat menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL (jahat), dan kadar trigliserida. Selama durasi penelitian 4 minggu hingga 18 bulan, kolesterol HDL (baik) meningkat secara signifikan. 

Baca juga3 Manfaat Daun Talas untuk Kesehatan

Studi lain juga menunjukkan penggunaan semanggi merah, dikombinasikan dengan perubahan gaya hidup, mengurangi gejala menopause pada wanita premenopause dengan kanker payudara.


2. Tingkatkan kesehatan tulang

Isoflavon, senyawa yang ditemukan pada daun semanggi terbukti meningkatkan kepadatan mineral tulang selama menopause. Diketahui, wanita yang mengalami menopause berisiko tinggi osteoporosis.


3. Melancarkan haid

Kandungan isoflavon di daun semanggi juga bermanfaat dalam melancarkan haid. Isoflavon dan hormon estrogen menjadi kombinasi yang pas dalam menyeimbangkan hormon wanita yang sedang haid. 


4. Mengurangi risiko kanker prostat

Semanggi merah terbukti menurunkan kemungkinan kanker prostat pada pria. Namun, kamu perlu waspada juga karena semanggi merah dapat berinteraksi secara negatif dengan obat-obatan tertentu yang digunakan untuk mengobati kanker. Jadi, sebaiknya tanya dulu ya ke dokter sebelum mengonsumsinya. 


5. Mengatasi gangguan buang air kecil

Kamu pasti mengenal istilah anyang-anyangan. Kondisi ketika buang air kecil tidak lancar alias tersendat. Ibu hamil biasanya mengalami infeksi saluran kencing ini. Nah, kamu bisa mencoba daun semanggi sebagai bahan dasar minuman yang mencegah infeksi saluran kencing. 


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Rekomendasi Laptop MacBook untuk Editor Video Amatir sampai Profesional 

BERIKUTNYA

5 Ide Suvenir Pernikahan Unik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: