Ilustrasi (Dok. Helena Lopes/Pexels)

Ini 4 Manfaat Sarapan yang Tak Boleh Dilewatkan

10 October 2021   |   10:12 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Alasan terburu-buru hingga tidak terbiasa memulai hari dengan sarapan membuat sebagian orang melewatkan sarapan pagi. Padahal, sarapan pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah sebagai sumber energi untuk beraktivitas selama seharian.

Banyak penelitian telah menunjukkan manfaat kesehatan dari sarapan seperti meningkatkan energi tubuh dan kemampuan untuk berkonsentrasi, membantu mengelola berat badan yang lebih baik, serta mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung dalam jangka panjang.

Supaya kamu selalu menyempatkan diri untuk sarapan, simak yuk beberapa manfaat sarapan seperti dilansir dari Better Health, Minggu (10/10/2021).
 

1. Sumber energi

Sarapan pagi bisa meningkatkan energi tubuh dan mengembalikan kadar glikogen yang bisa menjaga metabolisme tubuh seharian. Pasalnya, di pagi hari, kadar glikogen menjadi rendah dan tubuh mulai memecah asam lemak untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan. Selain itu, mereka yang sarapan pagi juga cenderung lebih aktif secara fisik daripada mereka yang tidak sarapan sampai di kemudian hari.
 

2. Mengontrol berat badan

Orang yang secara teratur sarapan cenderung tidak kelebihan berat badan atau obesitas. Beberapa penelitian menunjukkan hal itu terjadi karena sarapan mencegah fluktuasi besar dalam kadar glukosa darah sehingga membantu mengendalikan nafsu makan. Selain itu, orang yang sarapan biasanya makan sebelum mereka benar-benar lapar, sehingga cenderung tidak sembarangan mengambil makanan apapun untuk dikonsumsi seperti ketika sedang kelaparan karena tidak sarapan.
 

Ilustrasi (Dok.Diva Plavalaguna/Pexels)

Ilustrasi (Dok.Diva Plavalaguna/Pexels)

3. Meningkatkan kemampuan otak

Bukan tidak mungkin, luput dari sarapan pagi membuat kamu merasa sedikit lamban dalam berpikir dan fokus pada suatu hal. Hal itu terjadi karena otak belum menerima energi (glukosa) yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Sebuah studi menunjukkan bahwa tidak sarapan juga bisa mempengaruhi kinerja mental seseorang, termasuk kemampuan berkonsentrasi dan kekuatan memori. Hal ini bisa membuat beberapa tugas terasa lebih sulit dari biasanya.
 

4. Melindungi tubuh dari penyakit

Menurut sebuah studi, kadar kolesterol jahat (LDL), pada wanita sehat yang tidak sarapan cenderung lebih tinggi dibandingkan mereka yang sarapan. Mereka yang membiasakan diri untuk sarapan juga cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan. Tak hanya itu, mereka yang teratur sarapan juga memiliki risiko lebih rendah terkena obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung.

So, jangan lupa sarapan ya Genhype pagi ini!

Editor Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Gokil, Lagu LALISA Pecahkan 2 Rekor Guinness World Records

BERIKUTNYA

Dukung Komunitas, Facebook Umumkan Tiga Program Inisiatif Berikut Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: