Best new cookbooks for hunkering down during the pandemic. Peloton recalls pedals on 27,000 exercise bikes after reported injuries

Variasi menu overnight oats (Photo by Ella Olsson on Unsplash)

Yuk Cobain Overnight Oats untuk Sarapan Praktis Mengenyangkan

20 August 2021   |   08:20 WIB

Jika Genhype tipe orang yang susah bangun pagi atau tidak punya cukup waktu untuk menyiapkan sarapan sebelum beraktivitas, menu overnight oats bisa jadi ide sarapan yang hanya membutuhkan waktu pembuatan beberapa menit tapi cukup untuk memberikan energi seharian.

Kalau kalian belum pernah mendengar tentang overnight oats, ini adalah metode membuat oatmeal tanpa dimasak. 

Alih-alih memasak oatmeal di atas kompor atau di microwave, Genhype bisa mencampur rolled oat dengan cairan dan campuran lainnya, dan diamkan di lemari es semalaman. Di pagi hari, oatmeal akan berubah tekstur seperti puding yang sempurna untuk sarapan praktis.

Overnight oats bisa langsung dinikmati selagi masih dingin, ini menjadi daya tarik tersendiri untuk menu sarapan praktis. Namun, kalau kalian lebih menyukai makanan pertama di pagi hari yang lebih hangat, overnight oats bisa kalian panaskan di microwave selama 30-6- detik, atau dipanaskan di atas kompor dengan terus diaduk.

 

Manfaat Overnight Oats

Overnight oats adalah menu sarapan cepat saji dengan persiapan minimal yang tidak hanya lezat tapi juga bergizi.

Ketika direndam semalaman, pati yang ada dalam oat secara alami dipecah dan lebih banyak nutrisi diserap oleh oat selama periode perendaman, asam yang ada dalam oat juga terpecah dalam semalam dan ini menghasilkan pencernaan yang lebih baik.

Karena teksturnya yang lembek, oat jadi lebih mudah dikonsumsi di pagi hari. 

Serat pada oat membuat kita kenyang lebih lama sehingga bermanfaat pula bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Oat bahkan membantu membersihkan saluran pencernaan.

Kandungan pati resisten yang tinggi menjamin pembakaran lemak lebih cepat dan meningkatkan kadar insulin tubuh. Overnight oats juga membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik.

 

Oatmeal (Photo by i aboud on Unsplash)

Oatmeal (Photo by i aboud on Unsplash)


Bagaimana cara membuat overnight oats?

Ada banyak resep di internet yang bisa Genhype pilih, sesuai dengan selera kalian.

Pada dasarnya, rolled oat perlu direndam dalam cairan selama 7-8 jam, sebelum dikonsumsi.

Kalian bisa menggunakan susu, air, susu almond atau santan. Setelah dibiarkan semalaman, oat dapat disajikan keesokan paginya dengan berbagai buah-buahan dan kacang-kacangan.

Untuk tekstur yang lebih creamy, kalian bisa menambahkan yogurt.pastikan kalian menggunakan yogurt tawar dan tanpa pemanis, untuk mengontrol rasa dari overnight oat.

Kalian juga selalu dapat mengganti rasa manis dengan sirup maple atau madu. Dan jika rasanya masih 'flat', taburi sedikit garam untuk menyeimbangkan rasa manisnya.

Banyak orang juga menambahkan biji chia atau flaks sebagai pengental nabati. Plus, biji chia dan flaks memiliki manfaat nutrisi yang luar biasa.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Bunda, Musik Berperan Penting Loh dalam Tumbuh Kembang Anak

BERIKUTNYA

Kisah Sukses Syarif Membangun Urban Farming di Tanah Paman Sam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: