Ilustrasi menanti buah hati (Sumber gambar: Gabriel Tovar/ Unsplash)

9 Persiapan Penting untuk Mempercepat Program Kehamilan

27 June 2022   |   13:30 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

6. Jangan remehkan kesehatan gigi

Ketika mempersiapkan kehamilan, jangan lupa tentang kesehatan mulut Anda. Perubahan hormonal selama kehamilan dapat membuat kamu lebih rentan terhadap penyakit gusi. Ibu yang sedang hamil sering mengalami radang gusi (gingivitis), di mana keadaan ini sering membuat para ibu cemas.

Gingivitis adalah peradangan pada gusi yang ditandai dengan adanya perubahan bentuk dan warna gusi. Pengendalian plak bagi ibu hamil dapat dilakukan dengan cara penyikatan gigi, flossing, dan membersihkan lidah. Temui dokter gigi untuk pemeriksaan dan pembersihan sekarang juga kamu belum melakukannya dalam enam bulan terakhir.
 

7. Cek riwayat medis dengan pasangan

Cari tahu tentang sejarah keluarga termasuk kelainan genetik atau kromosom seperti sindrom down, penyakit keturunan, atau gangguan pendarahan. Saling share dengan suami untuk mengetahui apakah ada kerabat yang memiliki keterelakangan mental atau keterlambatan perkembangan lain atau lahir dengan cacat, seperti cacat tabung jantung atau saraf.
 

8. Siapkan pos keuangan untuk pesiapan kehamilan

Kehamilan merupakan kabar yang sangat membahagiakan, namun tak jarang berita gembira ini datang “tanpa rencana”. Kamu perlu melakukan perencanaan keuangan untuk menyambut kedatangan anggota baru dalam keluarga. Buatlah pengeluaran kas rumah tangga menjadi 4 pos, yakni tabungan, cicilan utang (jika ada), premi asuransi, dan biaya hidup.

Kamu bisa memasukkan pembiayaan masa kehamilan dan kelahiran dalam pos biaya hidup, yang terbagi dalam dua bagian: biaya rutin dan biaya yang terjadi satu kali saja. Biaya rutin adalah biaya yang berulang kali terjadi selama masa kehamilan dan persalinan, seperti pemeriksaan kandungan dan kebutuhan penunjangnya seperti suplemen, perlengkapan ibu dan bayi. Sedangkan biaya yang terjadi satu kali adalah biaya persalinan.
 

9. Persiapkan kebutuhan pribadi orang tua

Biaya untuk anak memang menghabiskan uang. Dan, ayah bunda yang harus berkorban untuk mengurangi biaya belanja. Sediakan pasokan baju, tas, sepatu dan aksesoris lainnya sebelum kamu sulit mengeluarkan uang untuk keperluan pribadi.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Raih Rating Tinggi, Drakor Alchemy of Souls Angkat Mitos Reinkarnasi Para Bangsawan

BERIKUTNYA

Film Ngeri-Ngeri Sedap Tembus 2,2 Juta Penonton, Diprediksi Masih Bakal Bertambah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: