Financial Fitness Gym by Nyala OCBC NISP (dok. Hypeabis.id/Syaiful)

Belajar Keuangan di 'Tempat Gym' OCBC NISP

13 December 2021   |   12:29 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pola hidup sehat telah menjadi tren yang banyak dijalani oleh masyarakat luas. Hal ini mendorong muncul pusat-pusat kebugaran yang beken dikenal sebagai gym dalam beberapa tahun belakangan. Salah satu yang mengadopsi pola pusat layanan kebugaran adalah OCBC NISP

OCBC NISP menghadirkan kantor cabang layanan perbankan dengan konsep gym pertama di Indonesia. Kantornya ini dinamai Financial Fitness Gym (FFG) by Nyala OCBC NISP yang terletak di Ciputra World Surabaya Mall Extension, Surabaya, Jawa Timur.

(Baca juga: Alasan Surabaya dipilih jadi lokasi pertama kantor cabang gym OCBC NISP)

Sama seperti gym pada umumnya yang memiliki tujuan untuk membuat kondisi fisik lebih sehat, gym ala OCBC NISP itu juga bertujuan untuk mendorong masyarakat khususnya generasi mudah untuk memiliki kondisi keuangan yang fit.

Hypeabis.id berkesempatan menghadiri acara grand launching Financial Fitness Gym tersebut dan mengikuti tur singkat yang dipandu langsung oleh National Network Head Bank OCBC NISP, Jenny Hartanto.

Dari luar, tempat ini memang tak tampak seperti kantor cabang pada umumnya dan memang mirip kebanyakan pusat kebugaran dengan dinding kaca besar transparan dan sekilas tampilan di dalam yang cozy dan kekinian.

Saat memasuki kantor, pengunjung akan melewati ruangan yang disebut dengan Cuan Tunnel. Di tempat ini, dipajang banyak boneka/patung kucing keberuntungan yang dinamai cuan cat tengah melakukan berbagai olahraga gym.

Ruangan ini sangat menarik dan bisa menjadi lokasi foto. Terlihat, setelah acara peluncuran beberapa tamu dan pengunjung mengabadikan foto mereka di ruangan Cuan Tunnel ini.
 

Cuan Tunnel FFG (dok. Hypeabis.id/Syaiful)

Cuan Tunnel FFG (dok. Hypeabis.id/Syaiful)
 

Setelahnya, pengunjung akan masuk ke dalam kawasan Warm Up Lounge. Jenny mengatakan bahwa ini merupakan tempat resepsionis di mana pengunjung bisa melakukan pendaftaran member secara gratis untuk menikmati berbagai layanan yang disediakan.

Ya, tempat ini terbuka untuk umum, tidak terbatas hanya bagi nasabah bank OCBC NISP saja. Perbedaannya, imbuh Jenny, nasabah akan memiliki sejumlah keuntungan lebih termasuk diskon dan promosi yang tidak didapatkan oleh member non-nasabah.

Dia juga menuturkan Financial Fitness Gym oleh Nyala OCBC NISP memiliki tim Nyala Buddy yang akan membantu pengunjung dengan berbagai informasi dan Nyala Trainer untuk konsultasi keuangan atau finansial yang lebih dalam.

(Baca juga: Latar belakang dan tujuan OCBC NISP hadirkan kantor cabang berkonsep gym)
 

Warm up lounge FFG (dok. Hypeabis.id/Syaiful)

Warm up lounge FFG (dok. Hypeabis.id/Syaiful)


Mirip seperti pada gym ketika awal menjadi member, di mana mereka perlu melakukan general check-up, di kantor ini juga member bisa melakukan financial check-up dengan mengikuti tes berbasis komputer yang telah disediakan.

Marketing Communication Division Head Bank OCBC NISP, Amir Widjaya, menuturkan pengunjung nantinya bakal diarahkan untuk menjawab 23 pertanyaan pilihan ganda, untuk mendapatkan gambaran umum mengenai kondisi keuangan mereka.

Setelah selesai, akan keluar skor indeks kesehatan finansial. Nantinya, Nyala Buddy akan menerjemahkan nilai yang didapatkan. Setidaknya, ada empat kategori pokok penilaian yakni financial basic, financial safely, financial growth, dan financial freedom.

Dari situ, mereka juga akan memberikan beberapa saran yang bisa dilakukan agar kondisi keuangan member lebih baik lagi. Jika perlu konsultasi lebih jauh, ada juga layanan konsultasi one-on-one dengan Nyala Trainer.
 

Tempat konsultasi dengan Nyala Trainer di FFG (dok. Hypeabis.id/Syaiful)

Tempat konsultasi dengan Nyala Trainer di FFG (dok. Hypeabis.id/Syaiful)


Selain itu, aktivitas yang bisa dilakukan di Financial Fitness Gym adalah mengikuti kelas-kelas literasi atau edukasi keuangan. OCBC NISP menghadirkan ruangan tersendiri yang diformat seperti ruang kelas kampus.

Lengkap dengan kursi bergaya undakan dan layar monitor untuk presentasi dari Nyala Trainer. Disebutkan bahwa ruangan ini berkapasitas hingga 80 orang, tapi selama masa pandemi akan dibatasi sesuai dengan aturan yang berlaku.

Bagi member yang sedang tidak bisa mengikuti kelas secara langsung, perusahaan juga menyiarkan kelas dalam format daring. Seluruh jadwal kegiatan kelas dan tema yang akan diadakan bisa diakses melalui ruangmenyala.com.
 

Ruang kelas FFG (dok. Hypeabis.id/Syaiful)

Ruang kelas FFG (dok. Hypeabis.id/Syaiful)


Tak hanya lokasi-lokasi untuk edukasi dan belajar, Financial Fitness Gym juga punya ruang tempat 'nongkrong' yang asyik. Ada Hustle Hall yang merupakan area dengan art installation di mana pengunjung bisa menulis harapan.

Selain itu, kantor cabang ini juga punya kafe yang bekerja sama dengan First Crack Coffee dengan meja dan tempat duduk yang cukup luas. Ada juga vending machine untuk membeli minuman dan menjajal peruntungan mendapat hadiah.

Bahkan, kantor cabang a la gym ini punya area suvenir yang menyediakan berbagai barang termasuk kaos, topi, tempat minum, dan lain-lain. Jenny menuturkan bahwa item-item ini dijual eksklusif di Financial Fitness Gym di Ciputra World Surabaya.

(dok. Hypeabis.id/Syaiful)

(dok. Hypeabis.id/Syaiful)

"Layaknya datang ke gym untuk olahraga, di sini [Financial Fitness Gym] kami mengajak generasi muda untuk melatih otot keuangan supaya financially fit," kata Jenny



Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Positive Mental Attitude, Kenali Karakteristik & Manfaatnya untuk Kesehatan

BERIKUTNYA

Harnaaz Kaur Sandhu dari India Jadi Pemenang Miss Universe 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: