dok. cilejit-modernland.co.id

Stategi Pengembang Tawarkan Hunian Minimalis Bagi Keluarga Muda

10 March 2022   |   20:09 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Hunian dengan desain arstektur minimalis biasanya memiliki ukuran yang cukup mungil dan space yang terbatas. Bentuk rumah minimalis ini dibuat oleh para pengembang untuk menyasar kelompok keluarga muda yang ingin memiliki rumah pertama dengan harga yang relatif terjangkau.

Salah satu pengembang yang cukup serius menggarap hunian minimalis adalah PT Modernland Realty Tbk melalui Modernland Cilejit proyek landed house seluas 1000 hektar yang berlokasi di kawasan Cilejit, Tangerang, Banten.

Corporate Communication Head PT Modernland Realty Tbk. Gunawan Setyo Hadi mengatakan proyek di Modernland Cilejit ini memang ditawarkan dalam bentuk hunian yang lebih minimalis, baik dari sisi desain maupun fasad dan arsitektur yang simple dan modern.

“Pertimbangannya bahwa di Cilejit menyasar segmentasi generasi millenial yang ingin punya rumah pertama, maka yang ditawarkan konsep minimalis rumah tumbuh dan disesuaikan dengan daya beli,” ujarnya.

Ada dua jenis tipe rumah yang ditawarkan yaitu tipe Rumah Sederhana (RS) dan Rumah Real Estate dengan range harga mulai dari Rp180 juta untuk tipe RS dan Rp250 juta untuk hunian dengan tipe RE.

Moderland Cilejit juga meluncurkan sekitar 100 unit rumah tapak yang mengadopsi konsep apartemen tipe studio berukuran 13 m2 dengan luas lahan 60 m2. Meski memiliki ukuran yang mungil, pihaknya telah menyiapkan denah pengembangan alternatif jika suatu saat pemilik rumah ingin memperluas rumahnya secara bertahap.

“Memang ukuran bangunannya minim tetapi masih ada tanah yang bisa dikembangkan secara bertahap ketika sudah memiliki keluarga dan anak. Dan kami sudah menyiapkan layoutnya tanpa harus mengubah bangunan utama,” ucapnya.
 

Ilustrasi rumah minimalis/Istimewa

Ilustrasi rumah minimalis/Istimewa


Dalam memasarkan hunian yang mungil dan minimalis ini, pihaknya juga menyiapkan rumah contoh atau tools berupa animasi dengan konsep interior yang maksimal sehingga dapat menjadi bayangan bagi para calon pembeli bahwa hunian yang mungil pun bisa nyaman dan tetap terkesan luas ketika memiliki desain interior yang inovatif dan fungsional.

Salah satu desain fungsional misalnya dengan memanfaatkan furniture inovasi berupa meja lipat yang ketika tidak digunakan bisa dilipat. Atau bisa juga memanfaatkan cermin berukuran besar serta meminimalisir sekat sehingga rumah yang mungil terlihat lebih lapang.

Sementara itu, CEO dan Co-Founder Dekoruma Dimas Harry Priawan mengatakan bahwa desain arsitek hunian minimalis berkembang pesat sejak 4 tahun terakhir, seiring dengan makin kecilnya ukuran bangunan dan luas lahan untuk landed house, terutama di daerah perkotaan.

“Tak sedikit rumah yang luas lahannya hanya 40 meter persegi, kalau dulu bisa sampai 100 meter persegi. Dengan ukuran yang makin kecil maka desain arsitektur mau nggak mau harus menggunakan dengan konsep minimalis, memanfaatkan space yang kecil tetapi tetap nyaman dan fungsional,” ujarnya.

Dengan ukuran lahan yang kecil, maka tidak banyak style desain yang cocok diaplikasikan pada hunian tersebut sehingga desain minimalis dianggap paling cocok. Bentuk rumahnya pun bisa dibuat dengan model bertingkat.

Selain untuk landed house, desain minimalis juga banyak diaplikasikan untuk apartemen yang memiliki luas bangunan sangat terbatas.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Kasus Covid Terus Menurun, Indonesia Bersiap Menuju Status Endemi?

BERIKUTNYA

Terbuat dari Sagu & Edamame, Yuk Coba 8 Fusion Food Unik Ini!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: