Sistem operasi Windows 11. (Dok. Youtube resmi Windows)

Ciamik! Simak Tampilan Segar Desain Baru & Pembaruan Fitur di Windows 11

25 June 2021   |   12:28 WIB

Setelah melalui berbagai petunjuk tentang kehadiran sistem operasi terbaru hingga munculnya bocoran besar dari Windows 11, akhirnya Microsoft resmi mengenalkan sistem operasi tersebut kepada publik pada Kamis (24/6).

Dengan tampilan yang minimalis, rapi, dan segar, Windows 11 memiliki sejumlah desain baru dan fitur yang telah diperbarui mulai dari user interface, tampilan Windows Store, hingga peningkatan efisiensi performa dan multitasking.

Jika sebelumnya pada bocoran yang beredar terdapat perubahan pada menu Start, bentuk laman jendela pada File Explorer, perubahan bentuk ikon, penambahan fitur Snap yang merupakan pengaturan beberapa jendela, dan beberapa fitur lainnya, kini Windows mengenalkan beberapa desain dan fitur terbaru dengan lebih rinci.
 

Tampilan menu start dalam pengenalan Windows 11. (Dok. Windows/Microsoft)

Tampilan menu start di Windows 11. (Dok. Windows/Microsoft)

Mulai dari bagian menu Start, tampilannya hampir sama dengan bocoran yang rilis pada beberapa waktu lalu. Akan tetapi, ada sedikit perbedaan di mana terdapat kotak pencarian terdapat di bagian atas menu Start disertai dengan ikon Search di samping ikon Start. Pencarian ini memiliki interface terpisah dari menu Start.

Fitur lain yang juga sama dengan bocoran yang sempat rilis adalah adanya fitur baru bernama Snap. Fitur yang ditujukan untuk mengendalikan jumlah laman jendela dalam satu desktop ini memiliki enam mode yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Menariknya, fitur ini punya pendamping bernama Snap Groups yang bisa menyimpan semua aplikasi yang disimpan pengguna. Selain itu, fitur ini juga mendukung beberapa monitor dan memastikan semua aplikasi terbuka ketika setiap monitor dihubungkan satu sama lain sehingga membantu Genhype yang biasa menggunakan lebih dari satu monitor saat bekerja.
 

Tampilan pergantian desktop di Windows 11. (Dok. Windows/Microsoft)

Tampilan pergantian desktop di Windows 11. (Dok. Windows/Microsoft)

Ada pun dalam fitur yang baru di dalam Windows 11 adalah fitur pengubahan desktop yang lebih mudah dan bisa disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan, misalnya desktop khusus kerja, untuk mendesain, hingga desktop untuk bermain gim yang bisa diganti.

Dalam segi performa, pembaruan Windows memiliki perbedaan yang signifikan dengan jumlah 40 persen lebih kecil dan bisa bekerja di belakang layar. Ini menjadikan pembaruan Windows di Windows 11 lebih efisien sehingga enggak menganggu proses kerja.
 

Tampilan Microsoft Teams di Windows 11. (Dok. Windows/Microsoft)

Tampilan Microsoft Teams di Windows 11. (Dok. Windows/Microsoft)

Lalu, adakah Genhype yang terbiasa menggunakan Microsoft Teams dalam PC atau laptop? Kabar baiknya adalah Microsoft Teams di Windows 11 terintegrasi di dalam taskbar sehingga mempermudah proses komunikasi ditambah dengan fitur tombol mematikan mikrofon secara universal untuk semua aplikasi.

Kabar baik lainnya adalah kembalinya Windows Widgets dengan tampilan baru yang dipersonalisasi berdasarkan kecerdasan buatan dan terletak di sebelah kiri layar serta bisa dibuat full-screen.

Untuk Xbox, ada penambahan fitur Auto HDR (peningkatan rentang dinamis tinggi saat memainkan gim DirectX 11 dan DirectX 12), DirectStorage, dan layanan integrasi Xbox Game Pass untuk Xbox. Ketiganya bermanfaat saat bermain gim dari Xbox, lho!
 

Tampilan Windows Store baru di Windows 11. (Dok. Windows/Microsoft)

Tampilan Microsoft Store baru di Windows 11. (Dok. Windows/Microsoft)

Terakhir, Windows mengenalkan tampilan Microsoft Store yang baru dan dukungan khusus aplikasi Android di Windows. Fitur ini mempermudah bagi Genhype yang ingin mengunduh aplikasi ponsel di Windows seperti TikTok, Instagram, dan Adobe Creative Suite. Aplikasi ini bahkan bisa dijalankan di dalam Windows meski sejauh ini belum ada rincian lebih lanjut tentang fitur ini.

Hingga saat ini belum ada tanggal resmi untuk perilisan Windows 11 setelah pengenalannya beberapa hari lalu. Berdasarkan laporan The Verge, fitur ini diperkirakan hadir pada Oktober tahun ini bersamaan dengan peluncuran perangkat keras untuk sistem operasi ini.

Penasaran dengan rincian pengenalan Windows 11? Simak video reveal event di bawah ini!
 


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Ini Lho Daftar Lengkap Pemenang Joox Indonesia Music Awards 2021, Cek Yuk!

BERIKUTNYA

Kenali 3 Dampak Mengerikan Polusi Sampah Plastik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: