Aktris senior Donna Harun tetap awet muda di usia 54 tahun. (Sumber gambar : Instagram/Donna Harun)

Tetap Awet Muda di Usia 50-an, Ini Rahasia Donna Harun

24 June 2022   |   19:19 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Di usianya yang sudah 54 tahun, aktris senior Donna Harus tetap tampil prima dengan wajah yang awet muda, tubuh fit dan energik, tidak kalah dengan generasi Z maupun milenial. Ternyata ada rahasianya lho, Genhype

Sejak usia 24 tahun, Donna mengaku sudah menjalankan pola makan yang baik dan benar. Dia tidak lagi terlalu sering makan daging, apalagi dalam bentuk olahan. 

"Kalaupun konsumsi steak, aku makan dua potong dan harus matang," sebutnya dalam diskusi yang digelar Nestle secara virtual, Jumat (24/6/2022).

(Baca juga: Ssst... Ini Resep Lansia Berumur Panjang)

Donna sangat suka makan sayur dan buah-buahan. Minum air putih pun selalu banyak hingga kini. Teh herbal juga rutin dikonsumsi yang membuat aliran darahnya tetap berjalan lancar. "Minum susu paling penting karena bikin aku bahagia," imbuhnya. 

Selain asupan makan yang sehat, Donna gemar berolahraga dan dijadikannya rutinitas. Biar tidak bosan, setiap bulan dia mengganti jenis olahraga yang dilakukan. Terkadang yoga, renang, badminton, bersepeda maupun jenis olahraga lainnya.

"Selain yang tetap seperti main golf atau jalan kaki, olahraga yang kuras keringat, gerak, aku ganti-ganti," jelasnya.

Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PB Pergemi) Prof. Siti Setiati menerangkan olahraga yang tepat untuk lansia menurutnya tergantung pada kondisi masing-masing individu. Namun bagi mereka yang fisiknya masih terjaga, dia menganjurkan untuk berjalan pagi selama 30 menit, lima kali dalam seminggu. 

"Jadi 150 menit per minggu. Sesuaikan dengan kondisi lansia, 15-20 menit tidak apa-apa, kalau 1 jam juga bisa," imbuhnya.

Alternatif lain bisa juga dengan berenang dan latihan gerakan otot dengan membawa beban untuk merangsang otot-ototnya. Tentu dikombinasikan dengan asupan protein yang memang harus terpenuhi untuk para lansia. 

Siti menerangkan seiring bertambahnya usia, fungsi organ tubuh menurun. Oleh karena itu penting lansia menerapkan gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat yang dimaksud yakni olahraga 150 menit per minggu, rutin konsumsi suplemen yang memenuhi kebutuhan gizi, asupan makronutrien dan mikronutrien, asupan energi, mineral, vitamin, prebiotik, dan probiotik. 

"Protein primadonanya dan harus dipenuhi dalam jumlah tinggi untuk merangsang otot. Dengan otot kuat, dia tidak mudah jatuh, tulangnya kuat tidak mudah rapuh dan patah," tambahnya. 

Marketing Manager Nestle Health Science (NHS) dr. Yulia Megawati menambahkan pihaknya meluncurkan kampanye Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia yang mengajak lansia untuk hidup sehat, aktif, bahagia, hingga panjang usia. 

Kampanye ini mencakup memenuhi kebutuhan gizi lansia seperti asupan protein harian. Lansia aktif berolahraga. Memberi kesempatan pada lansia untuk cukup istirahat dan berkualitas. 

Kemudian, membantu para lansia menjaga pola makan sehat dengan memastikan menu makanan yang dikonsumsi mengandung serat pangan, vitamin, dan mineral yang tepat. Terakhir, membuat lansia bahagia dengan mewujudkan mimpi tertunda atau mencoba aktivitas dan hobi secara rutin. 

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Djakarta Warehouse Project Kembali diadakan Desember Mendatang

BERIKUTNYA

Bukan Kuliner, Ternyata Ini Kategori Bisnis Waralaba dengan Gerai Paling Banyak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: