Tokopedia Hadirkan Berbagai Layanan untuk UMKM
22 June 2022 |
11:31 WIB
Untuk mendukung pertumbuhan bisnis para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di DKI Jakarta, perusahaan e-commerce Tokopedia menyediakan berbagai panggung bagi UMKM. Salah satunya lewat peluncuran toko JakArtisan bersama Dekranasda DKI Jakarta yang memberi ruang pada UMKM.
Tak hanya itu, Tokopedia juga menyediakan pelatihan UMKM Kelas Maju Digital hingga pameran daring produk UMKM DKI Jakarta Jumat Beli Lokal yang disiarkan setiap Jumat di Tokopedia Play.
Antusiasme masyarakat mendukung produk UMKM DKI Jakarta rupanya sangat tinggi. Terlihat dari lonjakan jumlah views selama acara Jumat Beli Lokal berlangsung di Tokopedia Play yang mencapai hampir 5 kali lipat di kuartal II 2022 dibandingkan ketika acara disiarkan pertama kali di 2021.
Baca juga: Tokopedia, BI, dan OJK Luncurkan Modul Literasi Keuangan, Yuk Intip Apa Isinya
Adapun beberapa kategori yang paling laris sepanjang kuartal II 2022 di ibu kota, yaitu Makanan dan Minuman, Kesehatan, Rumah Tangga, Elektronik dan Otomotif. Di sisi lain, Baju Pangsi, Blangkon Betawi dan Sabuk Adat Betawi menjadi beberapa produk khas Betawi paling dicari.
Tren belanja ini dipengaruhi oleh inisiatif Hyperlocal Tokopedia merupakan bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mendekatkan UMKM di seluruh Indonesia, termasuk DKI Jakarta, dengan pembeli setempat agar punya kesempatan sama untuk bertumbuh. Kampanye Bangga Buatan Indonesia adalah salah satu wujudnya.
"Dengan berbagai dukungan tersebut, membuat banyak pelaku UMKM yang mulai memanfaatkan platform penjualan di Tokopedia," ujar Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni.
Berdasarkan data, Jakarta Selatan merupakan kota administrasi dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi selama kuartal II 2022. Sementara itu, Jakarta Timur merupakan kota administrasi dengan peningkatan jumlah pembeli dan transaksi paling tinggi selama kuartal II 2022.
Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati memberikan apresiasi tinggi atas upaya Tokopedia mendukung UMKM DKI Jakarta. "UMKM lokal harus beradaptasi dan berinovasi lewat platform teknologi agar bisa relevan dengan perkembangan era digital. Kami juga mengajak lebih banyak masyarakat untuk mendukung UMKM DKI Jakarta, salah satunya dengan membeli karya mereka,” ujarnya.
Editor: Gita Carla
Tak hanya itu, Tokopedia juga menyediakan pelatihan UMKM Kelas Maju Digital hingga pameran daring produk UMKM DKI Jakarta Jumat Beli Lokal yang disiarkan setiap Jumat di Tokopedia Play.
Antusiasme masyarakat mendukung produk UMKM DKI Jakarta rupanya sangat tinggi. Terlihat dari lonjakan jumlah views selama acara Jumat Beli Lokal berlangsung di Tokopedia Play yang mencapai hampir 5 kali lipat di kuartal II 2022 dibandingkan ketika acara disiarkan pertama kali di 2021.
Baca juga: Tokopedia, BI, dan OJK Luncurkan Modul Literasi Keuangan, Yuk Intip Apa Isinya
Adapun beberapa kategori yang paling laris sepanjang kuartal II 2022 di ibu kota, yaitu Makanan dan Minuman, Kesehatan, Rumah Tangga, Elektronik dan Otomotif. Di sisi lain, Baju Pangsi, Blangkon Betawi dan Sabuk Adat Betawi menjadi beberapa produk khas Betawi paling dicari.
Tren belanja ini dipengaruhi oleh inisiatif Hyperlocal Tokopedia merupakan bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mendekatkan UMKM di seluruh Indonesia, termasuk DKI Jakarta, dengan pembeli setempat agar punya kesempatan sama untuk bertumbuh. Kampanye Bangga Buatan Indonesia adalah salah satu wujudnya.
"Dengan berbagai dukungan tersebut, membuat banyak pelaku UMKM yang mulai memanfaatkan platform penjualan di Tokopedia," ujar Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni.
Berdasarkan data, Jakarta Selatan merupakan kota administrasi dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi selama kuartal II 2022. Sementara itu, Jakarta Timur merupakan kota administrasi dengan peningkatan jumlah pembeli dan transaksi paling tinggi selama kuartal II 2022.
Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati memberikan apresiasi tinggi atas upaya Tokopedia mendukung UMKM DKI Jakarta. "UMKM lokal harus beradaptasi dan berinovasi lewat platform teknologi agar bisa relevan dengan perkembangan era digital. Kami juga mengajak lebih banyak masyarakat untuk mendukung UMKM DKI Jakarta, salah satunya dengan membeli karya mereka,” ujarnya.
Editor: Gita Carla
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.