Ilustrasi berbelanja online (Photo by austin distel on Unsplash)

Ini Dia Marketplace Paling Populer Saat Ramadan

24 May 2021   |   18:29 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype termasuk yang suka berbelanja online saat Ramadan kemarin? Nah, kali ini Hypeabis bakal menjabarkan sejumlah fakta dan data tentang marketplace selama Ramadan seperti dilansir dari Infogram Dara Lab, divisi riset dari perusahaan media monitoring Binokular.

Dengan menggunakan big data tools milik Binokular, Newstensity, Infogram telah menjaring 7.279 berita terkait marketplace selama 13 April hingga 12 Mei 2021.

1. Marketplace Paling Populer
Bedasarkan news share atau persebaran pemberitaan, Tokopedia menempati posisi tertinggi dengan 44% (3.205 beita), menyusul Shopee dengan 3.012 berita (41,4%). Selanjutnya Blibli dengan 1.501 berita (20,6%), Bukalapak dengan 1.454 berita (20%), Lazada dengan 1.157 berita (15,9%), dan di posisi akhir ada JD.ID dengan 617 berita (8,55).

Manajer Riset Infogram Data Lab, Heditia Damanik mengatakan bahwa secaa keseluruhan pemberitaan Tokopedia paling banyak mengenai rencana merger antara Tokopedia dan Gojek.

"Namun publikasi program atau promo selama Ramadan, didominasi oleh pemberitaan Shopee seperti Shopee Big Ramadan Sale, Program Ekspor Shopee, Shopee Pilih Lokal, dan Program Cashback Shopee," ujarnya.

2. Produk Paling Disorot
Riset tersebut juga menganalisa jenis-jenis produk yang paling populer dalam pemberitaan marketplave di media. Jenis produk paling tinggi publikasinya adalah produk gadget (25,3%). Adapun untuk brand yang paling popular adalah Samsung, Huawei, Realme, Oppo, dan Xiaomi.

Selanjutnya, produk kecantikan juga cukup populer (6,4%). Top brand kecantikan yang mencakup skincare, make up, body care, dan parfum, didomunasi oleh produk lokal, baik yang besar maupun brand indie. Brand paling banyak disebut adalah Wardah, Maybelline, dua brand lokal indie yakni By Lizzi Parra, dan Avoskin, serta L'oreal.

Produk lainnya yang cukup banyak diberitakan adalah operator telekomunikasi (5,3%). Adapun brand operator telekomunikasi yang paling banyak muncul di pembeitaan adalah Telkomsel, diikuti Smartfren, XL Axiata, Indosat, dan 3 Indonesia.

Gimana nih, Genhype masuk orang yang kepoin barang-barang itu enggak di marketplace selama bulan Ramadan kemarin? Jadi gitu ya, cuci mata sekalipun semuanya ketangkep ya aktivitasnya. Jadi ketahuan deh.

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Ini 6 Langkah Skincare yang Harus Dilakuin Menurut Dokter Kecantikan Dunia

BERIKUTNYA

Ini Penampilan Lee Teuk dan Yesung Super Junior Pakai Setelan Batik Hadiah Ridwan Kamil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: