Sepatu kain Milley Shoes. (sumber gambar: JIBI)

Modis dan Nyaman dengan Sepatu Kain

19 June 2022   |   16:09 WIB

Sepatu flat atau teplek sangat populer dan selalu mendapatkan tempat di hati perempuan karena lebih nyaman di kaki dibandingkan dengan jenis sepatu lainnya. Apalagi bagi perempuan yang memiliki banyak aktivitas dengan mobilitas tinggi, sepatu teplek sangat praktis digunakan.

Semakin beragamnya model dan motif sepatu flat, membuat alas kaki ini makin banyak digemari kaum hawa, sehingga sepatu jenis ini bisa tetap eksis sepanjang masa. Hal ini pula yang mendorong Paulina, seorang ibu rumah tangga yang senang mengoleksi berbagai model sepatu, membuat desain sepatu flat sendiri, sejak akhir 2014.

Mengusung label Milley Shoes, Paulina merancang model sepatu dengan menggunakan berbagai jenis kain baju sebagai bahan dasarnya. Paulina banyak mengaplikasikan kain brokat dan tile untuk membuat sepatu flat. Penggunaan bahan-bahan ini ditujukan untuk kenyamanan  pemakainya, karena ketika digunakan sepatu- sepatu desainnya bisa mengikuti bentuk kaki. 

Baca juga: Mantan Driver Online yang Kini Sukses Berbisnis Sepatu Anak

“Saya banyak mencari model sepatu kain dari dalam dan luar negeri, karena saya ingin pelanggan saya tidak hanya cantik saat menggunakannya  tetapi juga nyaman,” kata Paulina yang memiliki rumah produksi di Bandung, Jawa Barat.

Untuk proses pembuatan, sepatu Milley Shoes dikerjakan langsung oleh pengrajin sepatu lokal di Bandung dengan menggunakan tangan. Dari delapan pengrajin yang membantu proses produksi, Paulina mengaku bisa menghasilkan hingga 200 pasang sepatu setiap minggunya.

Agar penampilan semakin cantik dengan sepatu flat ini, Paulina juga menciptakan desain khusus dengan memanfaatkan kain sisa-sisa bahan dasar sepatu untuk dijadikan berbagai klip. Kain-kain tersebut dijahit menyerupai pola bunga.

Selain itu, dipadukan dengan manik-manik atau batu-batuan sebagai mata liontin sehingga menjadi lebih indah. Klip sepatu ini juga didesain khusus agar bisa dipasang atau dilepas sesuai dengan keinginan si pemakainya.

“Awalnya, klip ini saya desain untuk tambahan aksesoris sepatu, tapi kini pelanggan banyak yang berminat menggunakannya sebagai hiasan baju dan bando rambut. Klip ini juga seperti sepatu, 100% handmade tanpa mesin,” kata Paulina.

Meski belum berusia satu tahun produksi, produk Milley Shoes sudah dipasarkan ke berbagai daerah seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Malang, Mataram, Lampung, Medan, dan Pekanbaru.

Baca juga: Dua Pemuda Bikin Brand Sepatu Olahraga Kualitas Ekspor

Pelanggan bisa melihat dan mendapatkan berbagai produk sepatu dan klip ini melalui pemesanan via media sosial seperti Instagram dan Facebook. Selain itu, Milley Shoes juga aktif mengikuti berbagai bazar perhelatan fesyen, sehingga bisa lebih dekat dengan para pelanggannya.

Untuk harga yang ditawarkan, sepatu-sepatu Milley ini bisa diperoleh dari Rp189.000-Rp389.000, sedangkan klip sepatu dari Rp129.000-Rp249.000 [pada 2015]. Harga ini ditentukan berdasarkan banyaknya detail dalam proses pembuatannya.

Paulina menambahkan penggunaan sepatu flat dari Milley Shoes bisa menjadi solusi bagi setiap perempuan yang ingin tampil cantik, tetapi juga nyaman dalam kesehariannya. Dengan adanya tambahan klip sepatu ini, pelanggan bisa menyesuaikannya dengan warna baju dan tas yang dipakai. Nah, mau tampil cantik dengan sepatu kain, kenapa tidak?  

Catatan redaksi: artikel diambil dari Bisnis Indonesia Minggu edisi 24 Mei 2015.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Proyek Film Warner Bros. Diperkirakan Rugi Pasca Pemecatan Ezra Miller dari DCEU

BERIKUTNYA

Bersiap, Pameran Incraf Bakal Digelar Dua Kali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: