Kisah Mantan Driver Online yang Kini Sukses Berbisnis Sepatu Anak (dok. Lazada)

Kisah Mantan Driver Online yang Kini Sukses Berbisnis Sepatu Anak

28 November 2021   |   22:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Memulai karier sebagai seorang karyawan di perusahaan mulifinance, Asep Soleh Hidayat memutuskan untuk resign dan mencoba mencicipi pekerjaan sebagai driver online. Namun, keinginan yang kuat untuk memulai usaha mendorongnya mencoba peruntungan dengan membuka usaha produk sepatu bayi pada 2018.

Keputusannya ini juga bermula dari perkenalannya dengan salah seorang pengrajin sepatu di daerah yang selama ini memproduksi sepatu bayi kualitas ekspor. “Saya menjual sepatu bayi karena saya tahu persis ada satu daerah di Bogor yang memang memproduksi sepatu bayi kualitas ekspor. Di sisi lain, orang tua pasti ingin membeli produk terbaik untuk anaknya dengan harga yang terjangkau,” ujarnya.

Keputusan Asep berbuah manis karena produknya laris manis di pasaran. Bahkan dalam waktu 3 tahun, kini dia telah menerima ratusan pesanan produk setiap harinya, dan bisa mencapai lebih dari 5.000 pesanan per hari saat ada program khusus di e-commerce.

Dengan makin banyaknya permintaan, Asep juga mampu mempekerjakan lebih banyak karyawan yakni mencapai 13 orang karyawan dan 10 perajin, dengan tiap pengrajin bisa memiliki hingga 15 orang karyawan, yang secara eksklusif memproduksi sepatu Syalu.

“Meski awalnya saya harus menyetok produk cukup banyak karena ketentuan dari pengrajin, tetapi dengan keyakinan akan kualitas produk serta kapabilitas Lazada dalam membantu penjual seperti saya, bismillah, saya yakin bisa berhasil,” ujarnya.

Asep mengatakan, pada masa pandemi ini penjualan bukannya menurun justru malah makin meningkat hingga 200%. Sebab, sambungnya, pembatasan sosial yang ada membuat masyarakat lebih senang berbelanja secara online sehingga ikut mendongkrak penjualan sepatu di e-commerce.

Selain itu, Asep juga menuturkan bahwa salah satu yang mendorong perkembangan bisnis Syalu adalah fitur bayar di tempat (cash on delivery - COD), terutama untuk menyasar pelanggan yang belum memiliki  rekening bank atau belum memiliki akses mobile banking, khususnya di daerah pelosok.



Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Yuk Cek Karakter Seseorang dari Jam Tangannya

BERIKUTNYA

Yuk Kenali Perbedaan Ban Tubeless & Ban Biasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: