Harga smartphone, khususnya kelas premium terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun (Sumber gambar: Unsplash/Mia Baker)

Naik Terus, Berapa Harga Smartphone Flagship 10 Tahun Mendatang? 

14 June 2022   |   20:14 WIB

Genhype merasa enggak sih kalau harga ponsel pintar atau smartphone dari tahun ke tahun semakin mahal? Khususnya untuk kategori ponsel premium (flagship). Kalau terus meningkat, kira-kira berapa rerata harga ponsel dalam 10 tahun ke depan? 

Platform dagang elektronik Mozillion merilis laporan menarik tentang hal ini. Mereka menghitung harga perkiraan ponsel kelas premium dalam 1 dekade mendatang, berdasarkan data peningkatan harga selama beberapa tahun ke belakang. 

Apple misalnya, sebagai salah satu merek paling populer dan pembawa tren di industri ponsel pintar. Sebagai informasi, mereka adalah perusahaan pertama yang menghadirkan perangkat dengan harga US$999 atau hampir US$1.000 dengan iPhone X pada 2017 lalu. 

Baca juga: Realme GT Neo 3, Smartphone dengan Pengisian Daya Tercepat

Angka yang cukup mengejutkan untuk sebuah ponsel pada masanya, tetapi tetap berhasil meraup banyak penjualan dan jumlah pengguna yang loyal. Efeknya, setelah itu mulai banyak vendor lain yang ikut serta menghadirkan ponsel dengan harga sekitar US$1.000, kurang atau lebih. 

Vendor-vendor itu termasuk raksasa perusahaan elektronik Korea Selatan Samsung, dan perusahaan elektronik Jepang Sony. Bahkan, beberapa waktu terakhir, perusahaan asal China yang dikenal menawarkan harga lebih murah juga mulai menghadirkan perangkat yang menyasar kelas premium. 

Kembali ke topik prediksi harga ponsel pada 10 tahun mendatang, laporan Mozillion mencatat bahwa harga iPhone premium telah meningkat dari US$199 untuk iPhone 5 pada 2012 menjadi US$1.099 untuk iPhone 13 Pro Max pada tahun lalu. 

Hal ini berarti terjadi peningkatan harga hingga 452 persen dalam 10 tahun terakhir. Dengan asumsi yang sama, maka pada 2032 mendatang harga smartphone flagship dari iPhone akan mencapai lebih dari US$6.000. 

Akan tetapi, ternyata banderol US$199 pada iPhone 5 merupakan harga yang direkomendasikan. Kenyataan di lapangan, harga jual perangkat tersebut adalah US$649. Dengan harga ini, peningkatannya tercatat sebesar 69,5 persen, sehingga dengan hitungan yang sama menunjukkan harga iPhone 10 tahun mendatang berkisar US$2.000. 

Baca juga: Begini Spesifikasi dan Keunggulan Smartphone Realme Narzo 50 5G

Vendor lain yang juga mencatatkan pertumbuhan harga signifikan adalah Huawei dan Motorola. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, ponsel premium produsen China Huawei mengalami kenaikan 221 persen, dan diasumsikan bakal mencapai harga sekitar US$3.300 per 2023. 

Begitu juga dengan Motorola yang harga ponsel unggulannya naik dari US$299,99 pada 2012 menjadi US$999,99 pada 2022. Artinya, naik sekitar 233 persen, dan jika tingkat ini dipertahankan maka harga ponsel premium mereka 10 tahun ke depan mencapai sekitar US$3.000. 

Secara berurutan, laporan juga mencatat peningkatan harga perangkat andalan beberapa vendor ponsel pintar, termasuk Samsung yang naik 184 persen, OnePlus naik 142 persen, Sony meningkat 105 persen, dan Nokia yang kenaikannya paling rendah yakni 55 persen. 

Editor : Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Rambut Rontok Bisa Jadi Gejala Lupus

BERIKUTNYA

Begini Perkiraan Gelombang Kasus dan Keparahan Omicron BA.4 dan BA.5

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: