Desain rak buku nan unik (Sumber gambar: architectureanddesign.com.au)

Inspirasi Desain Rak Buku yang Unik dan Cantik

13 June 2022   |   14:48 WIB

Daya kreativitas dan inovasi yang kian berkembang membuat begitu banyak pembaruan di sana sini. Salah satunya pada desain rak tempat menyusun dan memajang koleksi buku. Sekarang ini, bentuk rak buku sudah tidak lagi monoton, terbatas dengan model konvensional seperti kotak atau persegi panjang saja.

Rancangan rak yang menarik yang dapat dijadikan inspirasi  memiliki ragam bentuk antara lain pohon lengkap dengan rantingnya. Rancangan rak ini dipopularkan oleh desainer Kostas Syrtariotis.

Sementara itu, desainer Alejandro Gomez membuat rak yang diberi nama Equilibrium, di mana kotak yang menjadi bagian dari rak terlihat melayang di udara.

Baca juga: Tertarik Desain Rumah Ala Serial Friends, Yuk Simak Tips Ini

Desainer interior Rahmad Priyono menuturkan ragam rak buku yang sangat banyak membuat pemilik buku leluasa memilih rak sesuai kebutuhan. Desain rak buku saat ini tidak hanya menonjolkan sisi fungsi tetapi juga estetika yang disesuaikan dengan ruangan.

Pilihan rak yang tepat tidak hanya membuat koleksi buku tersimpan rapi, tetapi juga menjadi pemanis dalam ruangan. Meskipun rak yang ditawarkan sangat beragam dengan tampilan yang lucu dan manis, tetapi Anda perlu memperhatikan ukuran rak buku dengan luas hunian.

 

Desain rak buku yang unik (JIBI)

Desain rak buku yang unik (Sumber gambar: architectureanddesign.com.au)



Keberadaan rak buku harus menjadi penyeimbang, dan pemanis ruangan tidak justru mengubah  tema ruangan, atau bahkan mendominasi ruang.

“Ibarat orang, rak buku seperti cincin. Sifatnya hanya sebagai pemanis. Keberadaannya tidak boleh terlihat paling primer,” tuturnya.


Selain itu, perlu diperhatikan juga lebar buku dan kapasitas rak. Hal ini menjadi penting karena jangan sampai buku yang terlalu lebar dan tidak terakomodasi dalam rak membuat susunan buku menjadi semrawut.

“Kebutuhan rak buku itu sendiri yang nantinya menentukan desain yang tepat. Sementara bahan baku biasanya menyesuaikan bujet konsumen,” tuturnya.

Penempatan rak buku seyogianya tidak berdekatan dengan fungsi interior lain di dalam ruangan.

Baca juga: Perhatikan 6 Hal Ini Saat Mendesain Rumah Bergaya Tropis Modern

“Jangan sampai terjadi persilangan yang tidak perlu. Misalnya, dalam satu sisi dinding, terdapat rak yang di atasnya digantungkan lukisan. Penataan ini menjadi ramai dan tidak fokus,” katanya.

Catatan redaksi: Artikel diolah dari laporan Bisnis Indonesia Minggu edisi 15 Mei 2015.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cek 6 Khasiat Daun Eucalyptus, Cegah Pilek hingga Relaksasi

BERIKUTNYA

Pasangan Selingkuh Sakitnya Tuh Di Sini, Ini 3 Cara Menyikapinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: