Daun Eukaliptus (Sumber gambar: Henry Perks/Unsplash)

Cek 6 Khasiat Daun Eucalyptus, Cegah Pilek hingga Relaksasi

13 June 2022   |   14:47 WIB

Prosesi pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril dilaksanakan hari ini, Senin (13/6/2022), di pemakaman keluarga di Cimaung, Banjaran, Kabupaten Bandung. Mendiang putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, itu dimakamkan setelah dinyatakan meninggal karena terseret arus Sungai Aare di Swiss pada 26 Mei 2022 lalu.

Sebelumnya, Ridwan Kamil menyatakan bahwa jasad tubuh Eril ditemukan dalam keadaan utuh dan tidak kurang satu apapun. Dia juga mengatakan bahwa jasad anaknya itu ditemukan dalam keadaan wangi daun eucalyptus atau eukaliptus.

“Walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh lengkap tidak kurang satu apapun. Wajah rapih menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus. Sungguh mukjizat kecil yang sangat kami syukuri,” tulis pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Eucalyptus merupakan sejenis pohon yang daun dan minyaknya kerap dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan. Melansir dari Medical News Today, Senin (13/6/2022), tanaman eucalyptus banyak tumbuh di Australia. Kandungan eukaliptus dalam banyak produk biasa digunakan untuk mengurangi gejala batuk, pilek dan hidung tersumbat.

Baca jugaManfaat Aroma Minyak Esensial untuk Kesehatan

Minyak eucalyptus diperoleh dari proses penyulingan daun eucalyptus. Penggunaan minyak eucalyptus sendiri sangatlah beragam mulai dari produk kesehatan dan perawatan tubuh hingga produk rumah tangga seperti pengharum ruangan.

Baca jugaIni 4 Minyak Esensial yang Cocok untuk Mengobati Rambut Kering

Eukaliptus diyakini memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan, meskipun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Melansir dari Healthline, berikut adalah beberapa khasiat daun eucalyptus.
 

1. Tinggi antioksidan

Daun eucalyptus adalah sumber antioksidan terutama flavonoid yang bisa melindungi tubuh dari stres oksidatif dan kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa flavonoid juga bisa melindungi tubuh dari risiko kanker, penyakit jantung dan demensia. 
 

2. Meredakan gejala pilek

Daun eucalyptus banyak digunakan sebagai obat flu alami termasuk bahan utama dalam obat pilek dan batuk. Penelitian menunjukkan bahwa daun eucalyptus dapat mengurangi lendir dan memperluas bronkus dan bronkiolus paru-paru, termasuk sebagai zat anti-inflamasi alami.

Selain itu, beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa eucalyptus dapat meredakan gejala pilek seperti frekuensi batuk, hidung tersumbat dan sakit kepala dengan mengurangi peradangan dan penumpukan lendir.
 

Daun eucalyptus berkhasiat untuk mencegah pilek

Daun ekaliptus berkhasiat untuk mencegah pilek (Sumber gambar: Brittany Colette/Unsplash)

3. Merawat kulit kering

Daun eucalyptus juga berkhasiat untuk memperbaiki kulit kering dengan kandungan ceramide di dalamnya. Ceramide adalah jenis asam lemak yang bisa membantu kelembapan kulit. Ekstrak daun eucalyptus telah diteliti bisa meningkatkan produksi ceramide pada kulit.
 

4. Mengurangi rasa sakit

Eukaliptus juga banyak mengandung senyawa anti inflamasi seperti cineole dan limonene yang dapat bertindak sebagai pereda nyeri. 
 

5. Meningkatkan relaksasi

Eukaliptus juga secara luas diyakini dapat mengurangi gejala stres. Dalam sebuah penelitian, 62 orang sehat mengalami penurunan kecemasan pra-operasi yang signifikan setelah menghirup minyak eucalyptus atau kayu putih. Eucalyptus mengandung ekaliptol, yang telah diteliti memiliki sifat anti kecemasan.
 

6. Menjaga kesehatan gigi

Ekstrak daun eucalyptus yang dikenal sebagai ekaliptol dapat menjaga kesehatan gigi. Daun eucalyptus memiliki kandungan etanol dan makrokarpal C yang tinggi–sejenis polifenol– yang bisa mencegah gigi dari bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi. Oleh karena itu, ekaliptol biasanya terdapat pada obat kumur.


Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Apa Itu Deepfake & Bagaimana Cara Menghindarinya 

BERIKUTNYA

Inspirasi Desain Rak Buku yang Unik dan Cantik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: