Ilustrasi kamar tidur anak (Sumber gambar: Unsplash/Allen Taylor)

Trik Sederhana Mendesain Kamar Anak yang Nyaman & Aman

08 June 2022   |   13:32 WIB

Membangun kenyamanan di dalam kamar tidur anak ternyata tidak terlalu susah dilakukan. Orang tua tidak perlu lagi repot merogoh kocek dalam-dalam untuk merenovasi secara total kamar tidur buah hati. Membuat nuansa nyaman di kamar tidur anak ternyata dapat dilakukan hanya dengan memilih perabotan dan benda pajangan yang tepat.

Dikutip dari Bisnis Indonesia Weekly edisi 20 Maret 2016, khusus untuk kamar anak, orang tua tidak boleh hanya memikirkan masalah kenyamanan saja, tetapi juga keamanan untuk anak. Salah satunya adalah pilihan funitur.
 

Jangan hanya terpaku pada desain furnitur

Yang paling utama harus keselamatan, kenyamanan dan memiliki dekorasi yang bersifat edutainment. Pilihan warna cerah secara psikologis dapat membantu pertumbuhan anak lebih sehat dan ceria.

Dalam memilih perabot, Anda harus memperhatikan unsur kesesuaian dilihat dari sisi ukuran. Hal ini perlu dilakukan karena anak-anak berkembang dengan cepat, sehingga Anda perlu memastikan bahwa perabotan yang dipilih masih dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Setelah memperhatikan unsur kesesuaian, Anda perlu mempertimbangkan apakah perabotan yang dipilih aman, dan tidak berpotensi melukai si buah hati. Pastikan bahwa sudut-sudut yang tajam dari perabotan, atau partikel kecil yang mungkin dapat tertelan, tidak berada dalam kamar anak Anda.

Selain itu, pilih furnitur yang tidak mudah bergerak atau berpindah posisi. Terkadang, anak sangat aktif dan berusaha mengambil barang yang ada di dekatnya. Dengan meletakkan furnitur yang tidak mudah bergerak, sehingga meminimalisasikan melukai anak.
 

Warna-warna ceria

Guna membangun keceriaan dalam kamar anak, Anda dapat menyapukan warna-warna ceria di dinding kamar. Warna netral seperti putih, krem, biru muda, peach dapat menjadi pilihan. Warna-warna ini dapat diserasikan dengan pajangan berupa karakter kartun yang disukai anak-anak.
 

Karya si Kecil, Kenapa Enggak

Jika tidak menginginkan menempel karakter tersebut, Anda dapat menempel hasil lukisan hasil karya sang buah hati.  Hasil lukisannya dapat dipigura dengan cat pigura yang ceria. Memajang hasil karya anakanak sekaligus mengajarkan buah hati Anda untuk menghargai karya seni. Selain menggantung karya lukisan, dapat juga foto-foto keluarga.

Hal yang tidak kalah menarik adalah memajang koleksi barang-barang kesayangan anak yang ditempatkan pada rak. Hal tersebut juga dapat mendorong anak untuk mengenang perjuangannya saat berusaha mendapatkan benda-benda kesayangannya.
 

Tempel bermacam-macam ornamen

Selanjutnya, Anda juga disarankan agar dapat menempel beragam ornamen pada dinding kamar, salah satunya adalah hiasan nama anak. Sebab, si buah hati kerap berbangga hati dengan inisial namanya sendiri.

Hal yang paling umum dengan menempel inisial namanya di depan pintu. Dengan begitu, anak merasa memiliki wilayah pribadi dan ada rasa tanggung jawab untuk menjaga kamarnya. Selain itu, dapat juga membuat bantal berbentuk inisial namanya.
 

Kebersihan tetap yang utama

Hal lain yang perlu dicermati untuk kamar anak adalah aspek kebersihan. Anak-anak kerap belum memperhatikan betul kebersihan kamarnya sendiri. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memilih furnitur yang tidak sulit untuk dibersihkan.

Editor: Dika Irawan
 
SEBELUMNYA

Ada J-Hope BTS & TXT, Simak Daftar Penampil di Festival Lollapalooza 2022

BERIKUTNYA

Pasang Wallpaper pada Area Ini, Rumah Kalian Bakal Tampil Lebih Hype

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: