Jurassic World Dominion (sumber gambar: Universal Pictures)

Sekuel Jurassic World Bakal Mendominasi Box Office AS

09 June 2022   |   16:32 WIB

Pekan ini film waralaba kembalinya dinosaurus Jurassic Park, berjudul Jurassic World Dominion diperkirakan akan menggeser posisi puncak klasemen boxoffice di pasar Amerika Serikat dan Kanada yang pekan lalu diduduki oleh Top Gun: Maverick yang kini telah mengantongi kocek US$321,8 juta di pasar tersebut.

Sekuel Top Gun yang mendapat rating 97 persen dari para kritikus di Rotten Tomatoes serta CinemaScore yang memberi nilai A+', pada pekan keduanya hanya mengalami penurunan pendapatan dari tiket 32,1%. Biasanya, film dengan pendapatan tinggi pada pekan pertamanya, bakal turun sekitar 50% pada pekan kedua penayangannya.

Baca juga: Top Gun: Maverick Bakal Bertengger di Puncak Box Office AS

Tampaknya pesona Tom Cruise yang kini berusia 59 tahun masih menjadi magnet bagi penggemar film untuk datang ke bioskop yang secara rata-rata mendapatkan US$18.101 per layar di 4.571 bioskop yang memutar film itu.

Di pasar global selain AS dan Kanada, film yang disutradarai oleh Joseph Kosinski ini juga telah meraup US$261,6 juta sehingga total pendapatan film itu telah mencapai US$583,4 juta.

Posisi kedua ditempati oleh Doctor Strange in the Multiverse of Madness, yang pada minggu kelima penayangannya ini hanya menghasilkan US$9,3 juta pekan lalu sehingga total menjadi US$388,7 juta. Superhero yang dibintangi Benedict Cumberbatch ini mencetak rata-rata US$3.765 per layar di 2.457 lokasi bioskop.

Adapun peringkat ketiga adalah The Bob's Burger Movie dari 20th Century Studios dengan pendapatan US$$4,5 juta dengan total US$22,2 juta. Fitur spin-off berperingkat PG-13 dari acara TV animasi  ini mampu meraih rata-rata $1.313 per layar di 3.425 bioskop.

Pekan ini, terdapat dua film yang tayang di bioskop AS dan Kanada, yaitu Jurassic World Dominion pada 10 Juni 2022 dan Block Party pada 8 Juni 2022.


Jurassic World Dominion

Film dinosaurus sekuel dari Jurassic World: Fallen Kingdom yang tayang pada 2018 ini, diperkirakan mampu mendapat US$125 juta dari penayangan 4.600 lebih bioskop di As dan Kanada sehingga bakal menggeser posisi Top Gun: Maverick di puncak boxoffice pasar tersebut.

Jurassic World Dominion, yang kembali disutradarai Colin Trevorrow ini secara global juga diperkirakan mendapatkan US$325 juta dengan tambahan tayang di sekitar 59 pasar negara.

Film terakhir dalam trilogi Jurassic World, diproduseri oleh Frank Marshall dan Patrick Crowley sementara Steven Spielberg bertindak sebagai produser eksekutif. Film ini dibintangi oleh Chris Pratt, Bryce Dallas Howard, Laura Dern, Jeff Goldblum, Sam Neill, BD Wong, Omar Sy, Isabella Sermon, Justice Smith, dan Daniella Pineda.

Film ini berlatar empat tahun setelah peristiwa Fallen Kingdom, dengan dinosaurus sekarang hidup berdampingan dengan manusia di seluruh dunia.

Tidak seperti dua pendahulunya, Legendary Entertainment tidak terlibat dalam produksi film karena Universal mengakhiri kemitraan mereka dengan perusahaan pada 2019 setelah berakhirnya kontrak empat tahun mereka.


Block Party

Film yang juga tayang secara nasional di AS dan Kanada adalah film komedi Block Party yang didistribusikan oleh Iconic Events Releasing. Film ini disutradarai Dawn Wilkinson dengan penulis Matt Allen, Lisa Mathis (cerita) dan Krista Suh, serta dibintangi oleh Antoinette Robertson, Margaret Avery dan Golden Brooks.

Film ini mengisahkan Keke McQueen yang baru lulus dari Harvard , 23, sangat ingin meninggalkan kampung halamannya di Grand Rapids, Michigan untuk mengejar pekerjaan impiannya di Atlanta. Namun, ketika Keke menemukan bahwa nenek Janice yang dulu sangat cerdas menunjukkan tanda-tanda awal demensia, Keke menghadapi kebimbangan untuk menyelamatkan pesta blok neneknya, di sisi lain, Keke juga ingin kembali ke kampung halamannya.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Ingin Baca Berbagai eBook di Amazon Kindle? Begini Caranya

BERIKUTNYA

Intip Kebaya & Gaun Pernikahan Sabrina Chairunnisa, Rancangan Intan Avantie hingga Hian Tjen

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: