MINI Electric dilengkapi dengan Motor listrik 135 kW/184 hp (Sumber gambar: MINI Asia)

Ini Dia Fakta-fakta Mobil Listrik MINI Indonesia

09 June 2022   |   09:01 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Agen pemegang merek dan kalangan produsen kendaraan di dalam negeri terus berinovasi dengan menghadirkan kendaraan listrik, salah satunya, adalah MINI Indonesia. Merek asal Inggris ini menghadirkan kendaraan dengan tenaga full listrik premium kompak pertama dengan desain modern dan ekspresif.
 
Kidd Yam, Head of MINI Asia, mengatakan MINI Electric akan menjadi mobil yang ikonik dan tetap mempertahankan semua nilai historis dengan penambahan sentuhan masa depan. Kendaraan ini memadukan sensasi go-kart legendaris, desain khas, dan kualitas premium dengan pengalaman mengemudi bebas emisi.

Motor listrik 135 kW/184 hp yang dipasang bagian bawah kendaraan memberikan pusat gravitasi ekstra rendah. Penempatan ini akan meningkatkan stabilitas dan pengendalian, sehingga pengalaman berkendara di tikungan dapat lebih menyenangkan.

Pengendara juga akan memperoleh pengalaman penyaluran tenaga yang spontan dari motor listrik dengan torsi penuh 0-100 km/ jam dalam 7,3 detik tanpa jeda dan gangguan perpindahan gigi.

“Dinamis dan lembut, MINI Electric tawarkan pengalaman berkendara yang benar-benar baru. MINI Electric merupakan suatu representasi sempurna dari berkendara go-kart khas MINI dengan sentuhan keberlanjutan dan menjawab kebutuhan kaum urban muda modern,” katanya dalam penjelasan resmi yang diterima Hypeabis.id.

Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, menuturkan bahwa peluncuran MINI Electric membuat perusahaan menjadi pelopor dalam moblitas perkotaan. Kendaraan full listrik ini membuka jalan menuju pengalaman berkendara yang berkelanjutan dan tetap menawarkan desain unik khas MINI.

Kendaraan full listrik ini, lanjutnya, membuat perusahaan menjadi merek otomotif premium pertama di segmen premium kompak yang meluncurkan kendaraan mobil tanpa bahan bakar minyak. MINI Electric ditawarkan dalam dua varian, yakni MINI Electric dan MINI Electric Collection

Berikut Fakta-fakta kendaraan full listrik tersebut:
 

Baterai

Baterai yang digunakan adalah baterai tegangan tinggi dengan konfigurasi model khusus terdiri dari sel lithium-ion yang dibagi menjadi 12 modul. Pada akhirnya membentuk unit berbentuk T yang diposisikan di dasar kendaraan, dan berikan energi sebesar 28.9 kWh (kapasitas bersih).

Dengan penggunaan motor listrik yang jauh lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin pembakaran konvensional, terdapat distribusi beban yang diklaim luar biasa. Kendaraan ini memiliki pusat gravitasi yang lebih rendah dibandingkan dengan MINI 3 Door.

Semua komponen penggerak listrik dilindungi oleh fitur struktural khusus model MINI Electric. Daya elektronik dilindungi oleh penyangga bumper yang diperkuat dan rangka penyangga motor, sedangkan baterai tegangan tinggi dilindungi oleh pelat dasar yang kokoh.
 

Proses Pengisian Daya

Kendaraan full listrik ini dapat diisi daya baik di rumah atau di fasilitas pengisian daya umum. Status proses pengisian dapat dilihat di bagian dalam tutup pengisian.

Kendaraan ini membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi 80 persen daya kendaraan saat mengisi dengan MINI Wallbox di rumah ataupun pengisian umum seperti di mal, kafé, hotel, dan sebagainya dengan daya pengisian hingga 11kW.

Kendaraan membutuhkan waktu sektiar 12 jam untuk mengisi 80 persen daya kendaraan saat menggunakan travel charger dengan daya pengisian 2,3 kW. Kemudian, MINI Electric membutuhkan waktu sekitar 36 menit untuk mengisi 80 perse daya dengan DC atau fast charging berdaya pengisian hingga 50 kW.
 

Drivetrain All Electric

Kendaraan ini ditawarkan dalam satu mesin dan varian transmisi dengan ukuran baterai. Fitur gandar depan 135kW (184hp) motor listrik dan baterai dengan kapasitas 28,9kWh nett (32,6kWh gross). Dayanya setara dengan MINI 3 Door mesin konvensional.

Bobot yang lebih berat sekitar 150 kg, MINI Electric memiliki pusat gravitasi lebih rendah. MINI Electric dapat mencapai kecepatan maksimum 150 km/jam dan jangkauan mengemudi hingga 232 km.

Torsi penggerak yang dimulai secara spontan dan penyaluran daya yang berkelanjutan, yang tidak terganggu oleh perpindahan gigi, adalah karakteristik dari teknologi penggerak yang dipasang pada kendaraan listrik ini.

Sumber tenaga kendaraan ini adalah versi terbaru dari motor listrik sinkron yang sangat bertenaga yang dikembangkan oleh BMW Group. Prinsip desain khusus memungkinkan pengembangan daya tingkat tinggi, yang juga berlaku hingga kecepatan tinggi, tingkat efisiensi yang sangat tinggi dan kelancaran, rendah getaran.

Daya sudah tersedia dari keadaan diam, yang merupakan karakteristik motor listrik. Transmisi tenaga ke roda depan terjadi melalui transmisi dengan konfigurasi satu tahap dan diferensial terintegrasi.



Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Ayam Sampyok, Masakan Khas Betawi yang Sedap & Nikmat

BERIKUTNYA

Ini 5 Restoran Khas Korea di Bilangan Senopati Jakarta yang Menarik Dikunjungi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: