Ilustrasi ruang gelap (Sumber gambar - Unsplash - Jez Timms)

Ini 5 Cara Menyiasati Rumah Terasa Gelap karena Bukaan Sedikit

08 June 2022   |   12:56 WIB

Mungkin sebagian dari rumah kalian terasa lebih gelap karena minim bukaan. Hal itu bisa karena ketiadaan jendela atau terhalang objek lain. Dengan demikian, sinar matahari yang seharusnya menerangi ruang terhambat.  Namun, kalian tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut.

Kalian dapat menyiasati ruangan yang gelap hanya dengan mengaplikasikan cat dengan warna yang tepat, pilihan dekorasi, lampu, dan cermin. Jika diaplikasikan dengan tepat, keempat elemen itu dapat menjadikan ruangan kalian lebih terang. 

Untuk lebih jelasnya, simak kiat berikut ini: 
 

1. Bermain dengan cat

Dihimpun dari Bisnis Indonesia Weekly edisi 20 Maret 2016, kalian dapat bermain dengan cat-cat berwarna netral dan ringan untuk menjadikan ruangan terlihat cerah. Warna putih, kelabu tua, abu-abu akan membuat ruang tampak lebih terbuka dan lapang. Jika langit-langit rumah kalian rendah, sebaiknya berikan warna yang sama dengan warna dinding. Hal itu dapat memberikan kesan memperluas ruangan.

Baca juga: 13 Kiat Menciptakan Eco House yang Ramah Lingkungan dan Estetik
 

2. Dekorasi

Untuk segi dekorasi, kalian bisa membuat semacam galeri atau koleksi karya seni untuk membuat dinding merasa lebih cerah. Karya seni yang menggunakan warna ringan bahkan hitam dan putih dapat membuat ruangan terasa lebih luas dan terang. Selain memajang karya seni, kalian juga dapat menggunakan aksen kristal yang mengkilap. Kristal dapat memantulkan cahaya dan membuat ruangan terasa lebih hidup. 
 

3. Hindari gorden

Di dalam rumah seringkali kita melihat banyak orang memasang gorden di depan kaca jendela. Ternyata, langkah ini sangat keliru jika kalian ingin membuat ruangan tampak terang. Gorden seharusnya tidak berada di depan kaca. Sebab gorden dapat menutupi frame.  Hal ini kesalahan pada desain. Pastikan cahaya alami dapat masuk ke ruangan dengan baik. 
 

4. Pemasangan lampu

Jika bukaan terlalu kecil, maka lampu yang dipasang di dalam ruangan harus lebih dari satu. Hal itu lebih efektif jika hanya mengandalkan cahaya alami. Menggunakan cahaya buatan untuk menggantikan cahaya alami dapat membuat ruangan merasa lebih cerah, ketimbang mengandalkan cahaya utama, lebih baik memberikan penerangan yang merata di setiap ruangan.

Namun, untuk mengaplikasikan sistem pencahayaan seperti itu, kalian harus memastikan memiliki bermacam jenis pencahayaan, termasuk cahaya bantuan seperti led candle light, lampu meja. Dengan demikian, kalian tak perlu khawatir ruangan kekurangan cahaya. 
 

5. Menggunakan cermin

Penggunaan cermin yang lebar juga dapat digunakan untuk menyiasati ruangan sempit dan gelap. Namun, cermin yang digunakan dalam dekorasi ini bukanlah cermin panjang tetapi bergaya vintage atau mozaik. Pemasangan cermin yang benar nantinya fungsi dari cermin akan lebih maksimal. Dengan begitu, cermin akan memantulkan cahaya ke seluruh ruangan sehingga ruangan kalian terlihat lebih terang dan hangat. 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Spek & Harga Realme GT Neo 3, Smartphone dengan Pengisian Daya Tercepat 

BERIKUTNYA

Ada J-Hope BTS & TXT, Simak Daftar Penampil di Festival Lollapalooza 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: