Para pembuat film dapat mulai mendaftarkan film yang akan diputar (sumber gambar ilustrasi: pexels/tima miroshnichenko)

Jakarta Film Week 2022 Kembali Hadir Oktober Ini, Ada Lomba Bikin Film Pendek

08 June 2022   |   07:23 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Dinas  Pariwisata  dan  Ekonomi  Kreaf  Provinsi  DKI  Jakarta  kembali menghadirkan  Jakarta  Film  Week pada  13-16  Oktober  2022. Ajang tahunan yang berskala internasional ini akan hadir dengan berbagai program menarik yang membuka kesempatan para sineas.

Dilansir dari rilis yang diterima Hypeabis.id, program-program yang dapat dinikmati oleh para peserta dan pengunjung ajang Jakarta Film Week seperti progran film kompetisi dan non-kompetisi, Jakarta Film Fund, dan sebagainya.

Para pembuat film dapat mendaftarkan film-filmnya untuk diputar di ajang Jakarta Film Week 2022 melalui situs resmi www.jakartafilmweek.com. Para sineas film dapat mendaftar dalam kategori film pendek, panjang, hingga animasi. “Kesempatan ini terbuka untuk pembuat film nasional dan internasional,” demikian tertulis dalam rilis.

Baca jugaDigelar Oktober 2022, Nilai Dukungan Produksi Jakarta Film Fund Mencapai Rp50 Juta

Para pembuat film juga dapat mengikuti program Jakarta Film Fund dalam ajang berskala internasional ini. Jakarta Film Fund adalah sebuah kompetisi ide cerita film pendek untuk para generasi baru. Pemenang program Jakarta Film Fund akan mendapatkan pendampingan teknis, mentoring profesional dari Jakarta Film Week, dan sumber daya produksi sebesar Rp50 juta. Proposal ide cerita untuk diajukan di program ini dapat didaftarkan di situs www.jakartafilmweek.com.

Rina  Damayanti, Festival  Director Jakarta Film Week,  mengajak  sineas  dari  dalam dan luar negeri untuk ikut serta di Jakarta Film Week 2022, dan berharap ajang ini dapat menguatkan kembali industri perfilman di dalam negeri dan juga dunia.

Jakarta  Film  Week, lanjutnya, juga menjadi  wadah  bagi  para  pelaku  industri  film Indonesia, terutama  di  Jakarta  agar  semakin  berkembang   secara  wacana,  keterampilan, dan pengembangan  jaringan. 

Baca jugaDiangkat Jadi Film, Ini Histori di Balik Lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro karya Raden Saleh

Selain  itu, ajang ini juga diharapkan dapat  menjadi  pemicu  bagi  industri  film  di  daerah  lain  untuk  kian  berkembang. Jika industri film di daerah lain dapat berkembang, kualitas industri film di dalam negeri secara keseluruhan juga akan mengalami peningkatan.

“Pandemi  masih  ada  sampai  hari  ini,  tapi  kini  kita  bisa  melihat  dengan  opmisme baru  sebagai  tanda  akan  era  baru.  Jakarta  Film  Week  tahun  ini  dihadirkan  guna  menyongsong dan menjelajahi  era  baru  tersebut  bersama  semua  penonton  lewat  film-film pilihan  dari berbagai  belahan  dunia  serta  kegiatan  bersama  beragam  pelaku  industri  dan  komunitas  film,” katanya.

Jakarta  Film  Week  2022 merupakan ajang yang kedua. Ajang ini pertama kali diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tahun lalu. Jakarta Film Week akan terselenggara secara hibrida, yakni daring dan luring.

Lahir  ketika  pandemi  sedang  tinggi-ngginya,  lanjutnya, Jakarta  Film  Week  telah menjadi  saksi  atas  berbagai  perubahan  dan  pergumulan  yang  dipaksakan  oleh  krisis  kesehatan  global. 


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Anak Hiphop Siap Pesta, FLAVS Festival 2022 Rilis Line Up Fase 1

BERIKUTNYA

Digelar Oktober 2022, Nilai Dukungan Produksi Jakarta Film Fund Mencapai Rp50 Juta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: