Tulus. (Sumber gambar: Spotify)

Single Hati-hati di Jalan oleh Tulus Catat Rekor Tangga Lagu Spotify

05 June 2022   |   13:22 WIB

Single hit milik solois Tulus, Hati-hati di Jalan, resmi memecahkan rekor sebagai lagi lokal dengan peringkat pertama terlama dalam tangga lagu Indonesia Top 50 di Spotify pada pekan ini. Capaian ini terjadi setelah lagu tersebut bertahan di peringkat pertama selama 12 minggu sejak Maret 2022.
 
Rekor ini mengalahkan dua lagu sebelumnya, yaitu LATHI oleh Weird Genius dan Sara Fajira dan To the Bone oleh Pamungkas. LATHI berhasil bertahan selama enam pekan pada 2020 dan To the Bone bertahan selama 11 pekan pada 2021.
 
Capaian ini hanya terjadi sekitar dua bulan setelah lagu tersebut menembus tangga lagu global Billboard Global 200 pada April 2022. Kala itu, lagu tersebut masuk ke peringkat ke-123 untuk kategori umum dan ke-51 untuk kategori Excluding U.S. 

Baca juga: Hati-Hati di Jalan Bawa Tulus Bertengger di Billboard Global 200
 
Tidak hanya itu, lagu ini juga sempat mendapatkan capaian streaming sebanyak lebih dari 969.000 di Spotify tidak lama setelah singlenya dirilis. Peringkat global yang didapatkannya juga tidak main-main, di mana lagu ini masuk ke peringkat tangga lagu global dengan urutan ke-93. 
 
Kurang dari sepekan setelahnya, lagu ini masuk jajaran Top Global Charts dengan peringkat ke-37. Bahkan, lagu ini juga mencetak rekor sebagai lagu yang paling banyak didengarkan dalam kurun 24 jam di Spotify Indonesia.
 
Hati-hati di Jalan rilis pada 3 Maret 2022 sebagai bagian dari album studio keempatnya, Manusia. Lagu ini menyita perhatian publik karena liriknya yang menyedihkan dan menyentuh pendengarnya. Selain itu, lagu ini juga dinilai membuat para pendengarnya merasa relate dengan pengalaman yang mereka alami.
 
Hal ini disebabkan karena keseluruhan liriknya bercerita tentang upaya melepas mantan kekasih dengan mengikhlaskannya. Terlepas dari fakta bahwa hubungan sebelumnya tampak baik-baik saja, dijaga dengan baik, dan upaya saling mencocokkan telah dilakukan, sulit untuk menerima bahwa ada kalanya dunia tidak mengizinkan sebuah pasangan untuk bersama-sama.
 
Sementara itu, album Manusia juga menyita perhatian publik hingga mendapatkan sejumlah capaian global dan domestik. Secara global, album ini menembus Top Albums Debut Global, peringkat ke-49 di tangga lagu Weekly Top Album Global Charts, dan masuk Top 50 Indonesia.
 
Hingga saat ini, Hati-hati di Jalan telah diputar sebanyak 74,7 juta kali di Spotify dan video liriknya telah dinikmati sebanyak 77 juta tontonan di kanal YouTube resmi Tulus.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Sebelum Togamas, Ini 4 Toko Buku yang Lebih dulu Tutup

BERIKUTNYA

Begini Cara Rokok Memengaruhi Kesuburan Pria

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: