Tetap aktif secara fisik dan gerakan tubuh guna menghindari nyeri sendi dan otot (sumber gambar: Karolina Grabowska dari Pexels)

Jaga Kesehatan Sendi & Otot dengan 4 Latihan Ini

16 June 2021   |   08:12 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Genhype pernah merasakan nyeri sendi dan otot? rasanya bisa dipastikan tidak enak ketika kita mengalaminya. 

Agar tidak mengalami nyeri sendi dan otot, Genhype bisa melakukan beberapa hal. Dari siaran pers Combiphar, berikut 5 hal yang dapat dilakukan untuk menghindari nyeri sendi dan otot:

1. Peregangan
Rutin beraktivitas fisik sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh sekaligus meregangkan otot. Jika telalu lama duduk, segera bangun dan lakukan perenggangan setiap 20 atau 30 menit sekali selama 5 hingga 10 menit. Lakukan hal itu secara berkala agar otot dan persendian tidak kaku.

2. Berolahraga
Lakukan olahraga low-impact yang tidak membebani persendian, seperti jalan cepat, bersepeda, berenang, berkebun, senam, dan menari.

3. Melatih kekuatan otot
Mengangkat beban dan olahraga dengan resistance band dapat membantu memperkuat tulang dan tentunya otot yang menopang persendian.

4. Latih fleksibilitas dan keseimbangan
Sendi yang kaku akan menyulitkan dalam beraktivitas sehari-hari. Gerakan peregangan, yoga, dan tai chi yang lembut dan mudah bagi pemula dapat melatih rentang gerak pada persendian sekaligus membantu melenturkan sendi.

Semua latihan yang dianjurkan tersebut sebaiknya diterapkan sesuai dengan kemampuan.

Tapi buat kalian yang biasa duduk berlama-lama saat bekerja, bermain game, atau menonton drama Korea, wajib lakukan peregangan secara berkala seperti anjuran poin pertama. 

SEBELUMNYA

Tenang! Ini 7 Cara agar Genhype Mudah Redakan Amarah

BERIKUTNYA

Menderita Nyeri Sendi? Nih Makanan Yang Harus Dikonsumsi & Dihindari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: