Ilustrasi orang marah. (Dok. Usman Yousaf dari Unsplash)

Tenang! Ini 7 Cara agar Genhype Mudah Redakan Amarah

15 June 2021   |   21:00 WIB

Like
Meredakan amarah merupakan hal yang harus dilakukan untuk mencegah munculnya perasaan yang semakin meledak-ledak. Pada dasarnya, rasa marah itu wajar dilakukan dan wajar terjadi, lho!

Namun, kalau terus-terusan marah, justru bisa saja muncul kejadian yang semakin enggak mengenakkan hati, baik di diri sendiri maupun orang lain.

Hypeabis.id punya 7 tips untuk meredakan amarah. Coba yuk!

1. Hitung mundur
Hitung mundur dari angka 10 atau 100 untuk menurunkan intensitas detak jantung dan dengan cara ini juga kemarahan yang Genhype rasakan bisa berkurang.

2. Tarik nafas, lalu buang
Melakukan pernafasan penting dilakukan apalagi kalau sedang marah, sebab nafas ketika marah cenderung lebih cepat dan lebih melelahkan. Coba tarik nafas dengan pelan dan mendalam dari hidung lalu buang nafas dari mulut selama beberapa waktu.

3. Berjalan
Olahraga berjalan bisa meredakan sistem syaraf dan mengurangi rasa marah. Coba deh untuk berjalan sejenak, kendarai sepeda, atau main permainan olahraga.

4. Ulangi sugesti
Coba temukan kata atau kalimat yang bisa membuat Genhype lebih tenang dan bisa fokus. Ulangi kata tersebut ketika sedang badmood hingga merasa lebih baik.

5. Pergi menyendiri
Pergilah ke ruangan yang sunyi, tutup mata, dan bayangkan diri Genhype di suasana yang menenangkan. Ini penting supaya rasa marah semakin reda. Enggak hanya secara mental, tapi juga menyendiri secara fisik untuk bisa menenangkan diri.

6. Mainkan beberapa lagu
Beberapa lagu bisa menurunkan detak jantung sehingga bisa membuat diri lebih tenang.

7. Tulis jurnal harian
Jurnal harian bisa jadi medium untuk melepaskan semua perasaan, termasuk marah. Nah, coba mulai tulis apa yang Genhype raasakan ditambah dengan kata-kata yang bisa menenangkan perasaan.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Korea Selatan Buat Proyek Smart Tourism, Benteng Suwon Hwaseong Salah Satunya

BERIKUTNYA

Jaga Kesehatan Sendi & Otot dengan 4 Latihan Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: