Ilustrasi pria sedang marah (dok. Freepik)

Buat Yang Suka Emosian, Ini 11 Cara Redam Amarah

28 May 2021   |   12:52 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Marah adalah hal yang wajar dialami setiap manusia, namun jangan terlalu over dan keseringan ya Genhype! Kenapa? Sebab bisa-bisa kamu kena hipertensi, penyakit jantung, hingga stroke lho.

Jadi, penting bagi kamu untuk mengontrol dan mengelola emosi kamu, terutama saat marah supaya tidak berdampak buruk bagi kesehatan. 

Nah, mengutip dari Times of India, berikut cara redam amarah yang bisa kamu lakukan agar amarah kamu segera mereda:
 

1. Bernapas

Ketika emosi kamu sedang berada di puncaknya, segera tarik nafas. Menarik napas dalam-dalam membantumu mengendurkan otot dan juga menenangkan saraf.
 

2. Jalan-jalan

Jalan-jalan bisa membantu mengendalikan amarah. Ttidak hanya melemaskan semua otot, jalan-jalan juga membantu kamu menenangkan diri. Selain itu, ini juga memberi kamu waktu untuk memikirkan proses dan rekonsiliasi.
 

3. Tenangkan diri dengan kata-kata

Ketika otak kamu dibanjiri oleh pikiran-pikiran yang mengganggu dan tidak ada yang bisa dilakukan sebagai solusi, kemungkinan besar kamu akan sangat marah. Coba deh cari penghiburan diri dengan kata-kata seperti "Santai", "Tenang saja, dan "Kamu akan baik-baik saja".
 

4. Mendengarkan musik

Salah satu cara menenangkan diri adalah melalui musik. Lagu-lagu dan lirik yang menenangkan dapat membantu kamu rileks dan terhibur.
 

5. Regangkan otot

Kemarahan dapat mengencangkan otot dan memicu ledakan emosi. Karena itu, lakukan beberapa latihan peregangan dan relaksasi sendi untuk meluruskan kelompok otot yang tegang.
 

6. Luangkan waktu untuk menyendiri

Jika kamu baru saja bertengkar secara langsung atau melalui telepon, coba luangkan waktu untuk menyendiri. Masuklah ke ruangan yang tenang dan hindari orang-orang di sekitar. Ini akan memberi kedamaian yang kamu butuhkan dan waktu untuk memikirkan semuanya.
 

7. Tuliskan

Menuliskan perasaan dan emosi bisa menghilangkan sebagian beban mental dan stres, lho. Ini adalah alternatif untuk melarikan diri dan prosesnya dapat menenangkan.
 

8. Bicaralah dengan teman tepercaya

Kamu punya teman dekat kan? Nah, ungkapkan semua emosi yang kamu alami dengan mereka. Berbagi dan berbicara dengan seseorang tentang perasaan kamu selalu merupakan cara yang membantu untuk melampiaskan amarah.
 

9. Latih pikiran selalu ambil sisi positif

Setiap koin memiliki dua sisi. Meskipun kamu mungkin marah pada sesuatu, mungkin ada hikmah lain di dalamnya. Kesalahpahaman selalu dapat menyebabkan agresi yang hebat. Karena itu, jangan langsung mengambil kesimpulan. Alih-alih marah, diskusikan dan bersihkan suasana.
 

10. Bersikaplah empati

Tidak ada cara yang lebih baik untuk tetap tenang selain berempati terhadap orang tersebut. Meskipun dia mungkin sangat mengecewakan kamu, coba tempatkan diri kamu pada posisi mereka.
 

11. Keluarkan, dengan penuh perhatian

Tidak ada salahnya mengungkapkan kemarahan, tetapi kamu harus melakukannya dengan penuh perhatian. Diskusi atau dialog yang produktif dapat membantu. Minta teman untuk menjadi mediator.


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Trio Rich Brian, NIKI & Warren Hue Tuangkan Kisah Mereka dalam Single California

BERIKUTNYA

Steik Kekinian dengan Daging Kualitas Premium Ini Wajib Dicoba

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: