Ilustrasi wirausaha. (Sumber gambar: Freepik)

Simak 6 Faktor yang Jadi Kunci Kesuksesan Wirausaha

02 June 2022   |   07:08 WIB

Berwirausaha kini makin diminati. Setidaknya hal ini makin terlihat pada masa pandemi, mana kala banyak masyarakat yang memulai bisnis kecil dan menjadi wirausahawan kala bisnis mereka makin berkembang. Akan tetapi, yang seringkali terjadi, sebagian wirausahawan kesulitan dalam mengembangkan diri.

Karena inilah, Genhype yang ingin menjadi wirausahawan perlu tahu enam hal yang bisa menjadi kunci kesuksesan, mulai dari memiliki kreativitas sampai bisa mengambil peluang yang ada di sekitarnya.

 

1. Punya kreativitas dan ide

Wirausaha harus bisa kreatif dalam berbagai hal, di mana hal ini akan membantu pengembangan diri maupun usaha yang tengah dijalankan. Kreativitas dibutuhkan karena seorang wirausaha harus bisa mengembangkan berbagai hal yang bisa menjadi peluang usaha maupun potensi pengembangan baru dalam usahanya.

 

2. Berani ambil risiko

Risiko ada sebagai sesuatu yang bisa  adanya imbalan atau hal yang didapat. Seorang wirausaha harus memiliki kemampuan untuk mentoleransi risiko yang ada, sehingga bisa mengembangkan kemampuan diri dalam membuat keputusan dan berbagai hal lainnya.

 

3. Kepemimpinan

Wirausaha harus memiliki kemampuan leadership atau kepemimpinan yang baik, kemudian hal ini bisa dikembangkan agar bisa menginspirasi orang lain. Kemampuan ini bertujuan untuk berbagai hal, mulai dari memberikan gagasan ide atau produk hingga memimpin orang lain.

 

4. Pengorbanan jangka pendek

Seorang wirausaha harus bisa mengorbankan berbagai hal berjangka pendek saat memulai bisnis. Sebagian besar wirausaha akan bekerja lebih keras saat membangun bisnisnya. Dengan ini, dia bisa membangun dan mengembangkan bisnisnya lebih cepat dan lebih berkelanjutan.

 

5. Pemahaman teknis dan pengalaman

Meski hal ini tidak dimiliki semua wirausaha, pengalaman atau pendidikan di bidang bisnis bisa jadi kunci kesuksesan. Hal ini memberikan pengaruh pada pembelajaran dari praktik, pengetahuan tentang teknis dalam bisnis (misal. laporan keuangan, relasi karyawan, pemasaran, dan lainnya).

 

6. Hak cipta

Meski komponen ini bisa dimiliki ketiga seorang wirausaha memiliki ide yang eksklusif, penerapan hak cipta pada produk maupun gagasan tertentu bisa menjadi cara untuk mempertahankan bisnis agar bisa dijaga dalam jangka panjang. 
 
Selain itu, wirausaha harus memiliki optimisme dalam memperjuangkan bisnisnya dengan tingkat yang rasional serta kemampuan organisasi dalam memanajemen pekerjaan.


Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Biar Nyaman & Tenteram, Begini Cara Memilih Furnitur untuk Taman

BERIKUTNYA

5 Destinasi Wisata Jepang yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: