Desain ruang tamu eco house (Sumber gambar: Unsplash/Outsite)

13 Kiat Menciptakan Eco House yang Ramah Lingkungan dan Estetik

31 May 2022   |   09:00 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

10. Cermat perencanaan aran bangunan

Jika untuk rumah baru, maka disarankan untuk melihat dari awal perencanaan arah barat dan timur, karena dua sisi tersebut akan banyak menerima panas matahari dan otomatis mempengaruhi suhu dalam ruangan.
 

11. Hindari warna gelap

Penggunaan warna gelap untuk cat dinding eksterior karena akan menyerap panas, sehingga lebih baik menjauhkannya. Hal ini dapat diatasi juga dengan kanopi untuk menghindari panas matahari langsung masuk ke dalam rumah.
 

12. Pemberian tanaman

Tanaman dalam ruangan akan membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, tentu saja ada spesifikasi untuk tanaman indoor ini. Contoh yang biasa ditanam adalah tanaman Lidah Mertua (sansivera) dan Sri Rejeki ( aglonema).
 

13. Pemanfaatan air hujan untuk kebutuhan rumah

Adanya sumur resapan dan juga pemanfaatan air hujan (rainwater harvesting) untuk menyiram tanaman, dan flushing. Untuk penggunaan lainnya disarankan melalui proses penyaringan terlebih dahulu, terutama jika berada di kota besar.

Selain itu, masih banyak hal yang harus diperhatikan untuk penghematan penggunaan listrik, seperti menggunakan watt kecil, lampu hemat energi (LED) serta pastikan untuk selalu melepas stop kontak jika akan pergi. Kombinasi penggunaan teknologi hemat energi dan cahaya alami ini dapat memangkas konsumsi listrik hingga 50%!


Editor: Dika Irawan
 
1
2


SEBELUMNYA

Bukan Hanya Bambang, 3 WNI Ini Juga Sukses di Ajang Menyanyi Internasional

BERIKUTNYA

Perhatikan 7 Hal Ini Ketika Kalian Bertengkar dengan Pasangan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: