Orang tua yang sudah lanjut usia pasti ingin mendapat kasih sayang anaknya. (Sumber gambar : Unsplash/Ainara Oto)

Sulit Diungkapkan, Ini 5 Cara Tunjukkan Kasih Sayang ke Orang Tua

29 May 2022   |   15:10 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Cinta kasih orang tua tidak ada batasnya, dimulai ketika kita baru menarik napas pertama di dunia ini hingga maut memisahkan. Tentu sebagai anak, ada keinginan besar untuk membalas rasa cinta dan sayang tersebut. Namun tidak sedikit dari kita terutama pada usia yang cukup dewasa, kesulitan untuk menunjukkannya.
 
Menyambut Hari Lanjut Usia Nasional yang diperingati setiap 29 Mei, mungkin ini menjadi salah satu momen yang tepat menunjukkan rasa sayang pada orang tua nih, Genhype. Nah, mengutip Ayobantu, berikut cara tunjukkan kasih sayang kepada orang tua.
 

1. Patuh


Patuh, satu kata yang sederhana diucapkan, namun terkadang sulit untuk dilaksanakan. Pada dasarnya, orang tua pasti akan senang jika memiliki anak yang penurut.
 
Meski telah beranjak dewasa, seorang anak di mata orang tua tetaplah sosok yang perlu mendapatkan bimbingan melalui tutur ucapnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mematuhi perkataan orang tua.
 
Perlu diingat, orang tua akan selalu memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Jadi, tidak ada salahnya jika kita sebagai anak melakukan hal yang sama, bukan?
 

2. Tidak memaksakan kehendak 


Selain menunjukkan kepatuhan, salah satu hal paling simpel yang dapat kamu lakukan untuk menunjukkan rasa sayang kepada orang tua adalah dengan cara tidak memberikan tekanan atas apa yang kamu inginkan.
 
Sederhananya, kamu tidak memaksakan keinginanmu pada orang tua, apalagi sampai merengek dan mengancam jika tidak dituruti yang justru akan menambah beban pikiran orang tua.
 

3. Tunjukkan prestasi

 
Prestasi tidak sebatas akademik, melainkan dalam hal pencapaian lainnya. Misal, menjuarai kompetisi, lulus tes jadi pegawai negeri, atau naik jabatan di tempat kamu bekerja.
 
Dengan menunjukkan hal tersebut, orang tua akan merasa bangga dan berhasil mendidik anak-anaknya untuk menjadi orang yang sukses.
 

4. Berikan hadiah


Memberikan hadiah pada orang tua secara tidak langsung berarti kamu sudah berterima kasih pada mereka atas kerja kerasnya untuk merawat kamu dari kecil hingga dewasa. Tidak perlu memberi hadiah mahal-mahal.

Hadiah kecil sekalipun yang diberikan pada mereka, terlebih pada hari spesial akan membawa senyum bahagia bagi orang tua.
 

5. Hadir untuk mereka di masa tuanya


Ketika orang tua mendidik dan membesarkan kamu sampai sekarang ini. Jasa mereka tidak akan pernah tergantikan sampai kapan pun. Akan tetapi, tidak ada salahnya bagi seorang anak untuk siap membantu orang tua dan memberikan pertolongan terlebih di saat fisik mereka yang tidak lagi prima.

Baca juga5 Cara Santun Menghadapi Orang Tua yang Emosional

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Semangat Membangun Bangsa Jadi Misi Silaturahmi IKA Universitas Sebelas Maret

BERIKUTNYA

Mau Gelar Pesta Pernikahan Tapi Minim Budget? Perhatikan Hal Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: