RAN di panggung BNI Java Jazz Festival 2022 (Sumber gambar: Hypeabis/Luke Andaresta)

RAN Bagikan Cerita Menarik di Panggung BNI Java Jazz Festival 2022

28 May 2022   |   10:27 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ada histori tersendiri gelaran Java Jazz Festival bagi RAN, trio Rayi, Nino dan Asta. Di panggung BNI Java Jazz Festival 2022 tadi malam, Jumat (27/5/2022), mereka bercerita sedikit tentang bagaimana RAN bisa tampil di festival jazz terbesar di dunia itu.

Nino bercerita pada 2007 lalu, RAN pernah mengikuti sebuah audisi band dan lolos audisi di Java Jazz Festival. Saat itu, RAN belum merilis album satu pun dan trio itupun antusias jika bisa tampil di festival tersebut. 

Namun, ternyata RAN hanya menjadi penampil di acara musik jelang Java Jazz Festival, bukan di acara utama festival. “Kita semua tahu kan Java Jazz mulainya jam 5 sore, tapi ternyata kita manggung jam 3 sore, yang merupakan penampil untuk rangkaian Java Jazz. Waktu itu, Java Jazz masih di JCC Senayan,” kenang Nino di sela-sela penampilannya.

Baca juga: Hari Pertama BNI Java Jazz Festival 2022 Ditutup Meriah oleh Vina Panduwinata

Saat itu, mereka akhirnya menonton penampilan grup band Maliq & D’Essentials pada gelaran Java Jazz Festival 2008 dan berharap bahwa suatu saat mereka bisa tampil di panggung besar festival.

“Waktu itu kami berpikir, kapan ya bisa manggung di panggung segede mereka? Tahun depannya, kami manggung di panggung yang sama dengan Maliq,” sahut Rayi.

RAN tampil enerjik di panggung BNI Java Jazz Festival 2022. Mereka membuka penampilan dengan beberapa hit seperti Nothing Lasts Forever, yang disusul oleh Selamat Pagi dan Bersepeda.

Penonton yang memadati panggung pun kian terhanyut sekaligus bernostalgia dengan lagu-lagu populer RAN di awal debut mereka seperti Kulakukan Semua Untukmu, Dekat Di Hati, Hanya Untukmu, Begitu Saja dan Salamku untuk Kekasihmu yang Baru.

Baca juga: Begini Tantangan Penyelenggara BNI Java Jazz Festival 2022 Datangkan Musisi Luar Negeri

Penampilan mereka ditutup sempurna dengan lagu debut mereka, Pandangan Pertama, yang dirilis pada 2007 dalam album For Your Life. “Lagu ini berarti besar banget buat kita. Kalo enggak ada lagu ini kita enggak akan bisa manggung kemana-mana kaya sekarang,” ucap Nino.

Selain RAN, hari pertama BNI Java Jazz Festival 2022 juga turut dimeriahkan oleh deretan musisi lokal maupun internasional seperti diantaranya Jojo, Erwin Gutawa feat Ruth Sahanaya, Lea Simanjuntak dan Andmesh Kamaleng, RAN, Maliq & D'Essentials, Keyon Harrold, Jakob Ogawa, Vina Panduwinata, Fiersa Besari dan Adhitia Sofyan.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Jojo Beri Penghormatan Korban Penembakan Texas di Panggung BNI Java Jazz Festival 2022

BERIKUTNYA

Panduan Menonton BNI Java Jazz Festival 2022, dari Jadwal sampai Panggung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: