Ilustrasi rutinitas pekerjaan yang membuat stres. (Sumber gambar : Unsplash/Tim Gouw)

5 Cara Jitu Mengatasi Career Slump

27 May 2022   |   21:49 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Rutinitas pekerjaan yang menumpuk, sama, dan berulang dalam jangka waktu lama terkadang membuat kita stres dan jika tidak ditangani akhirnya menjadi tidak produktif. Bahkan orang yang paling energik, positif, dan memiliki motivasi tinggi pun terkadang terjebak dalam kondisi tersebut. 

Kamu pun merasakan apa yang dinamakan career slump atau kemorosotan karir karena kerap kali tugas tidak tertangani dengan baik akibat kebosanan dan stres berkepanjangan. Bahkan kamu takut untuk memulai hari, terutama hari Senin. 

Apabila dibiarkan, tentu ini tidak baik untuk karier kamu di perusahaan. Pimpinan akan mempertimbangkan kenaikan jabatan atau posisi kamu di perusahaan. Untuk menangani hal tersebut, coba kiat yang dihimpun Hypeabis.id berikut ini. 
 

1. Cari proyek baru

Wajar jika kamu bosan dengan pekerjaan yang sama. Oleh karena itu, coba minta proyek pekerjaan yang baru atau berbeda kepada atasan kamu. 

Apabila tidak dikabulkan, jadi volunteer saja untuk tim lain atau berinisiatif membuat proyek baru. Inisiatif adalah cara terbaik untuk keluar dari kebiasaan dan membuka peluang promosi. 
 

2. Perluas jaringan

Memiliki banyak rekan atau teman sangat penting dalam menunjang pekerjaan. Jangan hanya di kantor, kamu juga perlu mempeluas jejaring pertemanan di luar seperti komunitas, organisasi, maupun industri.

Dengan memerluas jaringan, dapat memicu kreativitas, memunculkan ide-ide baru, hingga peluang karier yang lebih luas. 
 

3. Ambil kursus

Meningkatkan keterampilan dapat membawa peluang baru dalam karir. Salah satu cara untuk keluar dari career slump adalah dengan mengikuti kursus dan mengambil sertifikasi keahlian baru. 
 

4. Hari bebas untuk mental

Ada kalanya stres pekerjaan dan tekanan hidup menumpuk. Oleh karena itu, pentig mendapatkan hari bebas untuk kamu bisa menjaga mental. 

Sehari hanya sekadar beristirahat, melakukan perawatan diri, relaksasi dengan meditasi atau yoga, menjalani hobi, hangout bareng teman, hingga me time tanpa memikirkan pekerjaan atau diganggu atasan penting loh untuk menunjang mental yang sehat. 
 

5. Evaluasi pilihan karier

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, mungkin kamu harus mengevaluasi pilihan karir untuk menentukan apakah pekerjaan saat ini masih tepat atau tidak. Apabila hasilnya kamu butuh penyegaran dengan mencari jenis pekerjaan baru, mengapa tidak?

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Panggung Hiburan Bergeliat, Ini 7 Festival Musik Berskala Internasional di Indonesia

BERIKUTNYA

5 Persiapan Penting Untuk Menikah Biar Awet & Bahagia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: