PJ Morton (Sumber gambar: PJ Morton Official Instagram)

3 Musisi Ini Akan Meriahkan Special Show BNI Java Jazz Festival 2022

27 May 2022   |   07:49 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

3. The Temptations

 

The Temptations (Sumber gambar: The Temptations Official)

The Temptations (Sumber gambar: The Temptations Official)

The Temptations adalah grup vokal asal Amerika Serikat sekaligus salah satu grup tersukses dari label Motown Records. Sepanjang lima dekade berkarier di dunia musik, grup kuintet ini membawakan lagu-lagu dari berbagai irama musik, termasuk diantaranya R&B, doo-wop, funk, disko, soul, dan adult contemporary.
 
Grup ini berawal dari grup bernama The Elgins yang dibentuk di Detroit, Michigan pada 1960. Walaupun sering berganti-ganti anggota, mereka selalu terdiri dari lima penyanyi keturunan Afrika-Amerika. Mereka dikenal dengan setelan panggung, koreografi, dan harmoni vokal yang khas.
 
The Temptations disebut-sebut sebagai grup vokal paling berpengaruh bagi musik soul, sama halnya seperti The Beatles bagi musik rock. Hingga 1982, mereka telah menjual sekitar 22 juta album, sekaligus menjadikan The Temptations sebagai salah satu grup tersukses dalam sejarah musik.
 
Mereka adalah grup vokal yang paling menonjol sepanjang tahun 1960-an. Pada akhir dekade yang sama, mereka mengeksplorasi musik yang lebih berorientasi pada funk dengan materi lagu yang lebih sadar akan isu sosial dengan produser sekaligus penulis lagu, Whitfield. Awal 1971, single Just My Imagination bertengger di nomor 1 Billboard Hot 100 dan menjadi salah satu hit tersukses dari grup vokal yang pernah ada saat itu.
 
Album mereka,  Anthology,  dirilis pada 1973, dan tiga puluh tahun kemudian menduduki peringkat satu dari 500 Album Terbesar Sepanjang Masa oleh majalah Rolling Stone  pada 2003, pada 2012, dan sekali lagi pada 2020. 
 
Pada tahun 1990-an, The Temptations menikmati banyak kemenangan tetapi juga mengalami banyak tragedi. Ini adalah dekade pahit bagi grup di mana mereka kehilangan beberapa personelnya seperti David Ruffin, Eddie Kendricks, dan Melvin Franklin.

Pada dekade kedua abad ke-21, tepatnya 9 Februari 2013, The Temptations menerima Grammy Lifetime Achievement Award. Ini adalah penghargaan Grammy  kelima yang didapatkan mereka. Tak lama kemudian, kelompok itu lagi-lagi harus kehilangan dua personelnya yang cukup menonjol, Damon Harris dan Richard Street.

Baru-baru ini, untuk menandai peringatan 60 tahun perjalanan bermusik, The Temptations merilis album Temptations 60 yang disertai dengan tur konser AS. Otis Williams, adalah satu-satunya personel Temptation asli yang bertahan hingga saat ini, ditemani Ron Tyson, Terry Weeks, Willie Greene, Jr. dan Anthony Grant.

Editor: Nirmala Aninda
1
2


SEBELUMNYA

Mengenal Fitur Adaptive Charging, Cara Kerja & Kegunaannya pada Smartphone 

BERIKUTNYA

Anak Ridwan Kamil Hanyut di Sungai Aare, Proses Pencarian Berlanjut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: