Ilustrasi taman rumahan. (Dok. Arno Smit dari Unsplash)

8 Tips Dekorasi Taman Kecil yang Cantik & Estetis di Rumah

10 July 2021   |   19:20 WIB

Genhype punya ruang outdoor yang difungsikan menjadi zona hijau seperti taman? Seringkali taman yang didominasi oleh warna hijau dengan berbagai macam tanaman ini memberikan kesan rindang dan cantik di rumah, tapi sadar enggak sih kalau kadang penampilan taman di rumah bisa jadi membosankan?

Dengan warna polos yang monoton, taman bisa jadi ruang yang dimodifikasi agar tetap terlihat cantik dan estetik sehingga Genhype betah untuk berada di sana. Yuk simak sembilan tips di bawah ini!
 

Ilustrasi taman di rumah. (Dok. Sonnie Hiles dari Unsplash)

Ilustrasi taman di rumah. (Dok. Sonnie Hiles dari Unsplash)

1. Gunakan furnitur yang fleksibel
Mengingat taman yang Genhype tempati berukuran kecil, coba Genhype gunakan furnitur yang bisa dilipat, terutama kursi dan meja. Dengan trik ini, taman akan tetap terlihat luas dengan ruang yang fleksibel dan fungsional.

2. Dekorasi taman dengan pernak pernik berwarna
Pernak pernik seperti pot bunga berwarna cerah atau dengan pola tertentu bisa jadi opsi untuk mempercantik taman yang semula jenuh. Selain itu, bisa juga bermain pada tata letak supaya terlihat unik dan menarik.

3. Gantung lampu-lampu
Coba aplikasikan lampu hias natal atau fairy lights (lampu berbentuk rangkaian kabel panjang, biasanya disebut juga sebagai lampu tumblr oleh sebagian orang) serta lampu yang bisa dipajang di langit-langit ruangan yang rendah supaya meninggalkan kesan estetik di taman kecil milik Genhype.

4. Tata tanaman sebagai pagar
Ini bukan berarti tanaman dalam pot dihias layaknya sebagai pagar, tapi maksud dari penataan ini adalah tanaman dalam pot ditata sedemikian rupa menyerupai pagar di dinding taman. Teknik ini cocok buat Genhype yang punya taman belakang lho!

Ilustrasi tanaman dengan lampu. (Dok. Karthikeya GS dari Unsplash)

Ilustrasi tanaman dengan lampu. (Dok. Karthikeya GS dari Unsplash)

 

 

Ilustrasi taman di rumah. (Dok. Daria Obymaha dari Unsplash)

Ilustrasi taman di rumah. (Dok. Daria Obymaha dari Unsplash)

5. Letakkan tanaman yang mengelilingi area taman
Teknik ini dilakukan dengan meletakkan tanaman di atas meja atau alas yang mengelilingi area taman dengan ukuran kotak yang spesifik sehingga terkesan seperti taman yang rapi.

6. Berikan tanaman hias yang melengkapi tanaman lain
Tanaman yang sudah ada di dalam taman atau kebun tentu memerlukan tanaman kecil yang bisa saling melengkapi apa yang sudah ada. Dengan aplikasi tambahan ini, taman akan terlihat lebih segar.

Tanaman lain ini juga termasuk dengan tanaman berukuran kecil seperti bonsai atau tanaman kerdil lainnya.

7. Gunakan teknik platform planting
Teknik platform planting cocok untuk Genhype yang punya kebun kecil di balkon rumah atau hunian, caranya adalah dengan meletakkan tanaman pada berbagai tingkatan yang berbeda: ada yang di lantai, ada yang digantung, dan ada juga yang ditempel di dinding.

8. Pakai teknik menanam vertikal
Teknik ini bisa digunakan untuk rumah atau hunian yang memiliki ruang khusus tanaman yang terbatas, di mana biasanya vertical gardening memanfaatkan dinding untuk meletakkan tanaman bunga atau tanaman lainnya.

 

Ilustrasi taman di balkon. (Dok. Spacejoy dari Unsplash)

Ilustrasi taman di balkon. (Dok. Spacejoy dari Unsplash)

 


 

SEBELUMNYA

Permission to Dance BTS Sapu Bersih Tangga Lagu iTunes di 92 Negara

BERIKUTNYA

Kenali Gejala & Cara Merawat Kesehatan Mental Anak selama Pandemi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: